Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Trik Menjadi Instagramer Terkenal

Rabu 29 Nov 2017 19:14 WIB

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari

Instagram.

Instagram.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tak mengenal Instagram? Media sosial yang hampir digunakan 800 juta pengguna per bulan ini memang menarik. Anda dapat berbagi foto, video, dan cerita dengan sesama pengikut lainnya.

Tapi bagaimanakah caranya membuat konten yang bagus agar banyak disukai pengikut lainnya. Berikut cara rahasia menjadikan Anda Instagramers terkenal, dilansir dari Travel and Leisure.

Lakukan riset
Sama seperti usaha baru, ada baiknya menetapkan tujuan yang masuk akal dan dapat dicapai. Mulailah perombakan pada Instagram dengan melakukan penelitian terhadap akun favorit Anda, misalnya mengapa Anda menyukai makanan mereka, apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik atau sedikit berbeda? Tentukan apa yang Anda inginkan dari Instagram Anda dengan menetapkan nada estetika. Hal ini dapat dicapai dengan palet warna tertentu (putih, pastel atau nada gelap bumi). Orang tertarik pada akun yang konsisten secara visual.

Tanyakan pada diri Anda cerita apa yang ingin Anda ceritakan? Melihat idola Instagram dapat membantu menentukan elemen-elemen ini sebelum Anda memulai. Sambil melihat-lihat profil, perhatikan apa yang mereka gunakan sejauh tagar, bagaimana mereka terlibat dengan pengikut mereka dan seberapa sering mereka mengunggah sesuatu.

Tingkatkan kualitas
Ambil foto yang menakjubkan mungkin terdengar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tapi ada cara sederhana untuk memperbaiki fotografi Anda. Isilah Instagram Anda dengan gambar yang berkualitas yang orang lain ingin lihat, walau mungkin tidak selalu menjadi pilihan Anda. Seleksi dengan bijaksana yang mengarah pada estetika yang konsisten. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan banyak pengikut atau followers.

Dapatkan lebih banyak ‘like’ dengan foto yang indah, cerah dan penuh warna. Ingat cahaya adalah kunci untuk setiap foto hebat. Unggah gambar vertikal untuk memaksimalkan layar 'real estat' dan menarik perhatian orang.

Gunakan tagar dengan bijak
Instagram akan membiarkan Anda menambahkan hingga 30 tagar dalam satu unggahan, namun Anda lebih baik memilih 12 besar atau lebih tagar yang sangat relevan dengan gambar Anda. Anda dapat menggunakan keterangan tagar seperti jenis foto, perangkat yang Anda gunakan, tempat pengambilan gambar, hingga aplikasi edit gambar yang digunakan.

Dalam Instagram, popularitas tagar akan muncul saat Anda mengetik. Gunakan tagar yang tidak terlalu sering digunakan orang tapi cukup popular. #Cute dan #travel mungkin cukup menarik bagi Anda, tapi banyaknya orang yang menggunakan tagar tersebut akan membuat unggahan Anda tenggelam oleh lainnya. Jadi pilihlah tagar yang berpotensi orang untuk melihat tapi tidak begitu banyak diunggah orang.

Menjalin keterikatan
Keterlibatan memungkinkan basis pengikut Anda untuk mengenal Anda lebih jauh. Pertimbangkan untuk menceritakan sebuah cerita atau anekdot dalam judul Instagram. Anda bisa menjadi jenaka, Anda bisa menarasikan keterangan dengan cerita yang tidak berkaitan dengan foto yang diunggah. Kemudian, ketika Anda mengomentari unggahan akun lain yang Anda sukai, bagikan pemikiran Anda dan coba personalisasikannya sehingga tidak tampil sebagai spam.

Jika Anda bepergian ke luar negeri atau tinggal di tempat lokal, coba gunakan geotag dan tagar local. Melalui geotag dan tagar lokal, terlibat dengan komunitas di sekitar Anda memungkinkan mereka tertarik dengan unggahan Anda saat Anda berbagi dari lokasi tersebut.

Frekuensi unggahan juga penting. Sebaiknya putuskan kapan waktu yang tepat untuk memperbarui dengan melihat kapan pengikut Anda aktif menggunakan Instagram. Selanjutnya, penting untuk mengikuti akun yang Anda kagumi dan mengunggah hal serupa saat Anda dan bahkan mengikuti beberapa pengikut mereka untuk menarik perhatian ke profil Anda.

Ingat apa yang tidak boleh dilakukan
Jangan membeli pengikut atau followers, jangan bertindak seperti spammer, jangan melakukan regramm unggahan orang lain. Dan jangan kehilangan selera dan kepribadian Anda sendiri pada Instagram Anda. Walaupun ini adalah aplikasi untuk berbagi kisah hidup tapi jangan bergantung juga padanya.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA