Senin, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Senin, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Ada 'Eropa Kecil' di Wonosobo

Rabu 29 Nov 2017 11:57 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Balon udara yang bertebaran di langit Wonosobo.

Balon udara yang bertebaran di langit Wonosobo.

Foto: twitter @wonosobo

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO -- Pada Ahad (26/11), Wonosobo di Jawa Tengah terlihat sangat mirip dengan Eropa. Hawa dinginnya begitu menusuk ke dalam tulang. Saat menghembuskan nafas, ada uap air yang mengepul dari mulut. Nuansa Eropa makin terasa lantaran langit Wonosobo dihiasi balon udara penuh warna. 

“Ini tradisi turun temurun dan sudah menjadi ciri khas Wonosobo. Bahkan balon udara telah menjadi logo Kabupaten Wonosobo,” kata Kadispar Wonosobo One Andang Wardoyo, Selasa (28/11).

 

Atmosfer ini menjadikan ribuan orang tumpah yang menyaksikan happy. Apalagi, panorama di sekitarnya terbilang sangat wow. Hijau pepohonan di satu sisi ditambah biru menjulang gunung-gunung ketika pagi menyingsing. Itu belum termasuk hamparan rerumputan basah oleh embun. “Dan pengunjung yang datang kompak nonton atraksi 40 balon udara warna warni,” kata dia. 

 

Keamanannya dijamin tak mengganggu penerbangan. Maklum, balon udara tanpa awak dan tanpa penumpang tersebut hanya diperbolehkan melayang setinggi 25 meter. Semua balon dikontrol dengan tali. “Kemarin sempat dilarang karena mengganggu penerbangan pesawat. Saat ini penerbangan balon udaranya kita kontrol. Hanya boleh setinggi 25 meter. Atraksi jadi terlihat menarik. Minggu kemarin Wonosobo terlihat seperti Eropa mini,” kata dia.

 

Tak bisa dipungkiri, Kota Wonosobo memiliki alam yang luar biasa indah. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan ciamik di kanan dan kiri jalan. Ada Gunung Sindoro-Sumbing dan Merapi-Merbabu. Semuanya kelihatan begitu jelas. Belum lagi udara sejuk yang berhembus. Dijamin membuat turis senang.

 

Kota Wonosoba memang memiliki destinasi alam, budaya, dan kuliner yang kuat. Ada Dieng, Telaga Warna, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Dieng, minuman Purwoceng, sejumlah air terjun, Telaga Menjer, dan lainnya. Mereka juga punya Kebun Teh Tambi, yang sekarang mulai dikenal dan dikembangkan sebagai destinasi outbond yang layak anda kunjungi bersama keluarga.

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan emoji tiga jempol atas event tersebut. Menurutnya atraksi unik yang dimiliki daerah seperti Wonosobo ini harus dilestarikan.

 

“Ini sesuatu yang unik, sangat luar biasa. Apa lagi dibalut keindahan Gunung Dieng. Wisatawan dijamin betah. Kalau Anda berada di Yogyakarta atau Semarang, sekali waktu boleh berwisata ke Wonosobo di kaki Dieng. Silakan nikmati indahnya Gunung Dieng yang mempesona" ajak Arief Yahya.

sumber : Kemenpar
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA