Jumat 24 Nov 2017 16:23 WIB

Penelitian Ungkap Manfaat Sehat Minum Kopi, Berapa Porsinya?

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Nur Aini
Meminum kopi (ilustrasi)
Foto: healthliving
Meminum kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Dalam sebuah ulasan penelitian di British Journal Medical (BMJ) disebutkan, meminum kopi sebanyak tiga sampai empat cangkir dalam sehari bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung dan kanker. Hal ini lantaran kandungan kafein yang terdapat dalam kopi tersebut.

Sejumlah peneliti dari Universitas Southampton, Inggris, melakukan studi mengenai efek kopi terhadap berbagai bagian tubuh manusia. Tidak hanya itu, tim peneliti tersebut juga melakukan studi terhadap 200 penelitian sebelumnya, yang sebagian besar bersifat penelitian pengamatan lapangan.

Jika dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi, mereka yang minum kopi secara rutin tiga sampai empat cangkir sehari memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung ataupun meninggal karena penyakit tersebut. Selain itu, salah satu manfaat utama dari mengkonsumsi kopi, dapat mengurangi risiko terkena penyakit liver, termasuk kanker.

Kendati begitu, salah satu tim peneliti dari Fakultas Kedokteran di Universitas Southampton, Profesor Paul Roderick, menuturkan, penyebab rendahnya risiko terkena penyakit tersebut bukan semata-mata disebabkan karena mengkonsumsi kopi secara rutin. Risiko terkena penyakit mematikan itu bisa ditekan, bila diikuti dengan gaya hidup yang sehat.

''Faktor-faktor, seperti usia, apakah Anda merokok atau tidak, atau seberapa sering Anda berolahraga juga mempengaruhi hal tersebut. Memang, ada berbagai risiko yang ada di hidup ini, tapi manfaat mengkonsumsi kopi secara moderat terhadap kesehatan, tampaknya lebih besar ketimbang resiko yang ditimbulkan dari hal tersebut,'' tutur Paul seperti dikutip Cambridge News, Jumat (24/11) WIB.

Hasil temuan ini, kata Paul, juga mendukung berbagai penelitian sebelumnya terkait efek atau manfaat mengkonsumsi kopi terhadap kesehatan manusia. Secara keseluruhan, banyak manfaat positif bagi kesehatan yang bisa dirasakan oleh orang yang meminum kopi secara moderat dan tidak berlebihan.

Tim peneliti dari Universitas Southampton itu pun menyarankan, sebaiknya kopi dikonsumsi dengan tetap memperhatikan sejumlah kaidah kesehatan, seperti tidak perlu menambahkan gula, krim, atau susu yang terlalu banyak dalam kopi. Selain itu, menghindari cemilan-cemilan yang banyak mengandung lemak pada saat meminum kopi. Sehingga, manfaat positif kopi untuk kesehatan tersebut benar-benar bisa didapatkan secara maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement