Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Balairung Kemenpar "Dibanjiri" Puluhan Selebritas

Rabu 15 Nov 2017 16:21 WIB

Red: Gita Amanda

Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang sejarah berdirinya Kementerian Pariwisata (Kemenpar), mungkin baru kali ini, suasana konferensi pers berlangsung sangat cair. Ini dikarenakan Selasa (14/5) lalu, Balairung Soesilo Sudarman Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, dibuat heboh dengan kehadiran puluhan selebritas Indonesia. 

Ada Indra Bekti, Rossa, Shireen Sungkar, Teuku Wisnu, Prilly Latuconsina, Catty Sharon, Fitri Carlina, Ussy Sulistyawati, Gracia Indri, Baim Wong, Irfan Hakim, Tengku Wisnu, Dhini Aminarti, Dude Herlino, Denny Cagur, Prilly Latuconsina, Irwansyah, Dewi Sandra, Ria Ricis, Indra Bekti dan yang mewakili Ivan Gunawan. Mereka bukan selebritas biasa melainkan juga para entrepreneur.
 
“Kemenpar dan artis entrepreneur ini punya kesamaan, yakni sama-sama bergerak di dunia creative industry. Brand Wonderful Indonesia sudah bernvestasi besar untuk branding, hingga menjadi nomor 47 besar dunia. Masuk dalam klaster satu, dan sudah mengalahkan Truly Asia Malaysia dan Amazing Thailand,” kata Menpar Arief Yahya. 
 
Menpar Arief Yahya juga menjelaskan bahwa branding Wonderful Indonesia akan terus dipromosikan di seluruh dunia. Di Balairung itu, menteri asal Banyuwangi itu memutar video Wonderful Indonesia yang juara kompetisi TVC dunia oleh UNWTO, black cab taxi di London, dan Tour de Singkarak. 
 
“Kalian bisa dan boleh menjadi endorser Wonderful Indonesia, terutama saat ada calender of events, yang tahun 2018 nanti ada 100 premiere events. Jadi saling mengendors. Pariwisata yang sudah punya brand kelas dunia juga bisa menjadikan official partner di event yang ada di daerah,” jelas Arief Yahya.  
 
Menpar juga menjelaskan soal POS, paid media, own media dan social media. Tiga framework strategi media Kemenpar. Satunya lagi adalah endorser. “Nanti akan kita kompetisikan, kita evaluasi setahun sekali, ada promosi-degradasi, dan ada juara nya yang kita berikan awards,” ungkap Arief Yahya. 
 
Arief juga menyatakan terima kasih telah berkolaborasi mempromosikan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di berbagai produk. Saat ini sudah 62 brand. Indonesia menargetkan 100 brand hingga akhir tahun 2017, terdiri dari premium produk yang memiliki daya beli tinggi dan produk-produk yang menggunakan bahan dasar dari Nusantara.
 
"Para artis, kan sudah punya followers yang besar, seperti Prilly yang memiliki followers lebih dari 19 juta," ujarnya. 
 
Menpar Arief Yahya juga menyebut, kerja sama kali ini memiliki berbagai persamaan. Sama-sama bergerak di bidang culture industry. 
 
"Bisnis ini sangat menjajikan. Oleh-oleh di destinasi wisata akan memberikan dampak baik bagi pariwisata Indonesia. Terlebih Artis yang punya usaha itu," kata Menpar Arief. 
 
Para artis entrepreneur yang hadir melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia antara lain Minang Mande Cake miliknya artis Rossa. Lalu ada Banana Foster Cake milik artis Henki Kurniawan. Di Semarang ada Wingkorolls milik Dewi Sandra. 
 
Dari Bogor ada Rain Cake milik Shireen Sungkar. Artis Dhini Aminarti dan Suaminya Dimas Seto punya brand Cinnamon. Artis sinetron Dude ada Scrummy di Padang. Usaha kue Baim Wong, dengan brand Premio. Bandung Kunafe milik Irfan Hakim dan Omesh.
 
Tidak hanya itu, ada juga brand Surabaya Patata milik vlogger Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi.  Prilly Latuconsina Reallycake. di Pekanbaru juga diramaikan dengan Pekanbaru Cassata miliknya Denny Cagur. Savvanacake milik Fitri Carlina. Lenso Manado milik Gracia Indri. 
 
Dari kota Cirebon susah menjamur ada banyak artis yang membuka outlet kuenya di sana. Terdapat Cirebon Sultana (Indra Bekti). Cirebon Kelana milik pasangan Andika Pratama dan Ussy Sulistiowati. Di Palembang terdapat brand Lamonde milik Irwansyah. Gigieatcake Raffi Ahmad dan Gigi. 

Tidak hanya bidang kuliner, bidang fashion milik artis juga ikut meramaikan co-branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia antara lain brand Mandjha Ivan Gunawan milik desainer Ivan Gunawan dan Urban Lips milik Cathy Sharon.

sumber : Kemenpar
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA