Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Bukti Terbaru Bahayanya Mengonsumsi Alkohol

Sabtu 11 Nov 2017 18:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Teguh Firmansyah

Minuman beralkohol.

Minuman beralkohol.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Peneliti kembali menemukan dampak negatif mengkonsumsi alkohol terhadap tubuh manusia, terutama dalam pembentukan sel-sel baru di otak. Tidak hanya itu, dalam penelitian terbaru itu, kaum perempuan disebut memiliki resiko lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi alkohol lebih tinggi, dibandingkan laki-laki.

Hal ini diungkapkan melalui hasil penelitian dari tim di University of Texas Medical Branch (UMTB) Department of Neuroscience and Cell Biology, Texas, Amerika Serikat, yang diterbitkan di Jurnal Stem Cell. Penelitian tersebut fokus menganalisa dampak mengkonsumsi alkohol secara rutin terhadap perkembangan sel otak.

Salah satu tim peneliti, Dr Ping Wu, menuturkan, berdasarkan hasil penelitian, penggunaan alkohol secara rutin dan dalam jangka waktu lama, dapat mengganggu kinerja otak dalam memproduksi sel-sel baru.

''Dampak negatif alkohol dapat ditemukan di berbagai bagian otak, tapi yang paling parah ada di bagian sub-ventricular zone. Bagian tersebut merupakan tempat produksi sel-sel baru pada orang dewasa,'' tutur Ping Wu seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (11/11).

Tidak hanya itu, penelitian tersebut juga menemukan, kaum perempuan ternyata lebih mendapatkan efek buruk dari alkohol tersebut. Hal ini lantaran besarnya gangguan yang terjadi di bagian sub-ventricular zone. Secara keseluruhan, gangguan dalam memproduksi sel-sel baru tersebut akan memiliki dampak terhadap fungsi kognitif otak manusia.

''Informasi dari hasil penelitian ini diharapkan bisa membantu berbagai pihak dalam mengurangi ataupun membantu orang-orang yang telah kecanduan alkohol,'' kata Ping Wu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA