Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Makan Sendirian Bikin Pria Lebih Gemuk

Sabtu 11 Nov 2017 08:25 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani

Makan sendiri. Ilustrasi

Makan sendiri. Ilustrasi

Foto: Mother Nature Network

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaum pria yang kerap makan sendirian punya peluang lebih besar terkena obesitas. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap risiko menjadi gemuk naik 45 persen pada pria yang makan sendirian. Studi itu dilakukan oleh kelompok peneliti dari Dongguk University Ilsan Hospital di Seoul, Korea Selatan.

Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan antara makan sendirian dengan tingginya tekanan darah dan kolesterol. Sejatinya risiko kegemukan juga akan dialami baik pria maupun wanita yang makan sendiri. Namun pada risiko tersebut cenderung terjadi pada kaum adam.

Dikutip dari laman Independent, penelitian melibatkan 7.725 orang dewasa. Mereka ditanya seberapa sering menyantap makan tanpa ditemani. Dari penelitian diketahui kebiasaan makan sendiri lebih dari dua kali sehari membuka peluang obesitas.

Para ilmuwan juga mendapati bahwa kebiasaan ini terjadi pada mereka yang masih single, tinggal sendiri, dan kerap melewatkan makanan utama. Para pria tanpa pasangan yang kerap makan sendiri adalah yang paling berisiko.

Studi yang sudah dimuat dalam jurnal Obesity Research & Clinical Practice menerangkan 64 persen responden dengan kebiasaan makan sendiri cenderung menderita sindrom metabolisme. Sindrom ini merupakan kombinasi antara diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Di sisi lain, wanita dengan kebiasaan yang sama punya risiko serupa namun lebih rendah yakni hanya 29 persen. Kondisi tubuh dengan sindrom metabolisme punya risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA