Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Olah Raga Teratur Bantu Lawan Depresi

Sabtu 11 Nov 2017 08:04 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani

Depresi. Ilustrasi

Depresi. Ilustrasi

Foto: Sciencealert

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah anda sedang berjuang melawan depresi atau rasa cemas berlebihan? Sebuah studi mengungkap bahwa aktivitas fisik dan olah raga membantu seseorang mengatasi depresi dan memperbaiko suasana hati.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Michigan State University menemukan bahwa olah raga dapat secara cepat meningkatkan suasana hati. Oleh karena itu bagi orang yang sedang merasa stres atau cemas disarankan untuk berolah raga secara rutin.

"Aktivitas fisik terbukti menurunkan tingkat depresi dan kecemasan," kata Carol Janney selaku asisten profesor di Michigan State University dilansir dari laman The Indian Express.

Aktivitas fisik yang dianjurkan adalah olah raga selama setengah jam selama lima hari dalam sepekan. Dalam studi tersebut, 295 responden dilibatkan untuk mengetahui efek olah raga terhadap kesehatan psikis. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari 80 persen pasien sepakat bahwa olah raga memperbaiki kondisi psikis mereka.

Lebih dari separuh responden mengaku tingat stresnya mereda setelah rajin berolah raga. Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal General Hospital Psychiatry.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA