Ahad 08 Oct 2017 12:14 WIB

Hindari 5 Hal Ini Setelah Berolahraga

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Untuk mengecilkan lemak di perut olahraga adalah jawabannya, lakukan secara rutin dan caranya juga tidak selalu harus ke gym. Sembari merawat tanaman di kebun, olahraga bisa dilakukan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Untuk mengecilkan lemak di perut olahraga adalah jawabannya, lakukan secara rutin dan caranya juga tidak selalu harus ke gym. Sembari merawat tanaman di kebun, olahraga bisa dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga menjadi salah satu cara bagi banyak orang untuk menjaga kesehatan. Di sela-sela kesibukan sehari-hari, waktu untuk membuang keringat tetap harus disempatkan. Termasuk salah satu yang populer dilakukan adalah  berkunjung ke pusat kebugaran seperti gym.

Namun, tidak semua orang mengetahui apa saja hal-hal yang dianggap tidak baik dilakukan setelah berolahraga. Dilansir Bold Sky, ada beberapa hal yang seharusnya tak Anda lakukan sehabis berolahraga karena bahaya, serta mungkin membuat aktivitas sehat yang telah dkerjakan menjadi sia-sia.

Makan makanan berlemak

Jangan mengonsumsi makanan berlemak setelah berolahraga. Ini bagaikan membuat kerja keras yang Anda lakukan sepenuhnya menjadi sia-sia, seperti memakan kentang goreng yang mengandung banyak lemak. Ini hanya akan memperlambat sistem pencernaan manusia.

Sebagai ganti mengisi tenaga yang hilang usai berolahraga, pilihlah makanan yang tinggi protein. Ini dapat dengan lebih mudah dicerna dan memasuki aliran darah dengan cepat.

Tidak meminum air mineral

Tidak meminum air putih setelah berolahraga akan berakibat sangat buruk bagi Anda. Pertama adalah Anda dipastikan akan mudah merasa lemas karena dehidrasi. Jangan ganti air mineral dengan jenis minuman lainnya karena kandungan yang dibutuhkan tubuh.

Terus memakai baju olahraga

Baju olahraga yang penuh keringat mengandung banyak bakteri dan kuman. Jika didiamkan terlalu lama atau tidak menggantinya, kuman dan bakteri tersebut dapat menempel di kulit serta pori-pori tubuh Anda. Ini kemudian membuat masalah kulit, bau badan, atau bahkan untuk kasus yang lebih besar masalah paru-paru karena kondisi tubuh lembab.

Menyentuh wajah

Jangan menyentuh wajah setelah berolahraga. Tangan yang berkeringat dan belum dicuci hanya akan mengandung banyak kuman. Anda tidak tahu betapa banyak kurman dan bakteri yang ada di tempat latihan saat Anda berolahraga.

Pendinginan

Anda perlu melakukan pendinginan setelah berolahraga. Sesi ini tidak dapat dilewati begitu saja karena manfaat yang banyak. Mulai dari peregangan yang mudah karena itu membuat setak jantung kembali normal dan mmudahkan Anda untuk mengikuti olahraga lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement