Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Berikan Ruang pada Anak untuk Bereksplorasi

Sabtu 07 Oct 2017 21:15 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Anak perlu dibiarkan bereksplorasi, tapi jika sudah membahayakan orang tua boleh melarangnya dengan mengatakan jangan.

Anak perlu dibiarkan bereksplorasi, tapi jika sudah membahayakan orang tua boleh melarangnya dengan mengatakan jangan.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Orang tua sebaiknya memberi ruang bagi anak untuk bereksplorasi menemukan hal hal baru. Hal itu dapat menumbuhkan kepercayaan diri sang anak.

"Dengan memberikan ruang dan kesempatan bereksplorasi, maka anak akan tumbuh berkembang dan memiliki kepercayaan diri," kata Psikolog Ratih Ibrahim pada "Explore your World" di Makassar, Sabtu (10/7).

Menurut dia, untuk mendukung perkembangan anak itu, peran ayah dan ibu sangat penting dalam mendorong anak bereksplorasi menemukan hal-hal yang baru.

"Melalui eksplorasi anak itu dapat memupuk kemandirian anak. Kondisi ini tentunya bergantung pada lingkungannya," katanya.

Sementara itu Dokter Spesialis tumbuh kembang anak dr Bernie Messenger, SpA (K) mengatakan, nutrisi yang baik akan membantu anak dalam bereksplorasi.

"Dengan nutrisi yang baik juga akan mencegah anak jatuh sakit yang diakibatkan saluran pernafasan dan saluran cerna yang bermasalah," katanya.

Hal ini mengingat dari total anak di Indonesia sekitar 40 persen di antaranya mengalami infeksi pernapasan atas (ISPA) dan 21,2 persen mengalami diare.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA