Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Bersih-Bersih Rumah tak Kalah Menyehatkan dengan ke Gym

Sabtu 07 Okt 2017 06:21 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Ibu membersihkan rumah.

Ibu membersihkan rumah.

Foto: Repulika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda senang bersih-bersih rumah? Jika ya, ini berita baik untuk Anda. Karena menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet, ini bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Periset Kanada menemukan olahraga selama 30 menit sehari mengurangi risiko kematian dini sebesar 28 persen dan penyakit jantung hingga seperlimanya.

Namun, Anda tidak perlu melakukan treadmill untuk merasakan manfaatnya. Karena peneliti utama menjelaskan bahwa berjalan kaki ketika mau bekerja atau sekadar melakukan kegiatan berkebun sudah bisa membantu menyehatkan. Selama dilakukan setidaknya selama 30 menit.

Studi tersebut mengamati 130 ribu orang di 17 negara dan menemukan bahwa tidak peduli bentuk olahraga apa yang mereka pilih, namun secara fisik aktif untuk jumlah kecil setiap hari sanggup memperpanjang umur. Dan mengurangi penyakit secara signifikan.

Kurang dari tiga persen peserta mencapai 30 menit melalui kegiatan santai yang biasanya diasosiasikan dengan berolahraga, seperti berlari atau berenang. "Pergi ke gym sangat bagus, tapi kita hanya punya begitu banyak waktu untuk menghabiskan waktu di sana. Jika kita bisa berjalan kaki ke tempat kerja, atau pada waktu makan siang, itu akan membantu juga," ujar penulis utama Scott Lear, spesialis jantung di Rumah Sakit St Paul di Kanada, dalam laporan The New Scientist seperti dilansir dari laman Independent.

Timnya memperkirakan bahwa jika seluruh populasi memenuhi pedoman ini, satu dari 12 kematian dini dapat dicegah dan 4,6 persen kasus penyakit jantung dihindari. Aktivitas sederhana seperti menyapu daun atau menggosok bak mandi bisa membakar hingga 200 kalori, perkiraan Mail Online.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA