Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Mengenal Objek Wisata yang Digunakan Sebagai Lokasi Syuting

Senin 25 Sep 2017 13:19 WIB

Rep: DESY SUSILAWATY/ Red: Winda Destiana Putri

semeru

semeru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Indonesia memiliki begitu banyak tempat indah yang layak dijadikan tempat syuting, seperti pantai, pegunungan, hutan, dan pulau-pulau kecil yang tersebar di pelbagai wilayah. Keindahan alam menjadi aset untuk membuat karya film, sudah tak terhitung jumlahnya film Indonesia yang menggunakan wisata alam sebagai latar pembuatan filmnya.

Bukan hanya film Indonesia, beberapa Film Hollywood pun ada yang syuting di Indonesia bahkan beberapa diantaranya menjadi film laris di dunia. Tempat syuting di Indonesia dapat menjadi daya tarik tersendiri hingga menjadi daerah tujuan wisata.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang menjadi tempat syuting di Indonesia seperti dijelaskan dalam siaran berita yang diterima Republika.co.id, Senin (25/9).

Semeru dan Bromo

Anda tahu film Indonesia berjudul 5 CM? Film yang diadaptasi dari novel ini menjadi salah satu film terlaris di Indonesia. Bukan hanya alur ceritanya yang membuat booming, tetapi latar tempat pada film tersebut membuat siapapun yang berjiwa petualang tertantang untuk mengunjunginya. Keindahan Gunung Bromo dan Gunung Semeru menjadi latar dari film tersebut.

 

Bromo menjadi salah satu tempat wisata terindah di Indonesia mampu menyajikan lukisan alam yang memukau penonton. Gunung Semeru seakan memberi tantangan yang harus dilahap di setiap langkahnya. Apalagi keberadaan Ranukumbolo yang menjadi ikon di film tersebut. Selain 5 CM ternyata Gunung Bromo juga menjadi salah satu latar film hollywood yaitu The Philosopher. Film yang dibintangi Cinta Laura sebagai salah satu pemeran utama menjadi salah satu film yang terkenal di dunia.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Kalau Anda pernah mendengar istilah Negeri Laskar Pelangi, maka bisa dipastikan tahu sejarah terbentuknya film Laskar Pelangi yang berhasil ditonton 4.631.841 orang saat pemutarannya. Film yang menceritakan perjuangan anak-anak Belitung meraih pendidikan menjadi salah satu film terlaris di Indonesia. Belitung sebagai latar belakang dalam film ini selanjutnya diminati banyak orang untuk dikunjungi. Keindahan Pantai Tanjung Tinggi dan pulau-pulau kecil lainnya di Belitung membuat wisatawan dalam atau luar negeri ramai berkunjung.

Peningkatan kunjungan wisatawan akhirnya membuat ekonomi Masyarakat Belitung ikut terangkat, secara tidak langsung film ini memberi pengaruh positif terhadap warga Belitung. Bahkan Belitung saat ini lebih terkenal dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi.

Hutan Mangrove Kalimantan

Masih ingat salah satu film legendaris tentang seekor ular besar yang hidup di hutan? Iya, film Anaconda. Salah satu seri dari film itu menggunakan Hutan Mangrove Kalimantan sebagai latar pembuatan filmnya dan memberikan informasi tambahan juga bahwa habitat ular Anaconda terbesar saat ini adalah di Hutan Kalimantan. Hutan yang rimbun dan seakan jauh dari kehidupan ini membuat nuansa dalam film tersebut seolah-olah nyata dan menegangkan.

Saat ini Hutan Mangrove tersebut menjadi salah satu destinasi wisata untuk sekedar memancing ikan atau menikmati hilir arus sungai. Keindahan alam flora dan fauna menjadi ciri khas yang selalu ditemui di Hutan Mangrove Kalimantan.

Pulau Mursala Tapanuli

Film Hollywood yang syuting di Indonesia berikutnya adalah King Kong. Film ini menjadi salah satu film terbaik yang pernah ada. Film King Kong menceritakan kehidupan seekor gorilla bertubuh besar dan menjadi raja hutan. Pulau Mursala yang terletak di Tapanuli Selatan menjadi tempat utama film ini digarap. 

sumber : Center
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA