Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Fitri Carlina Bangga Kerja Sama dengan Wonderful Indonesia

Jumat 18 Aug 2017 15:13 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Fitri Carlina

Fitri Carlina

Foto: Instagram Banyuwangi Savana Cake

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Fitri Carlina menjadi salah satu selebritas yang turut ber-co brand dengan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Fitri dengan bangga menempatkan dua logo resmi pariwisata Indonesia itu dalam kemasan serta berbagai materi promosi Banyuwangi Savana Cake (BSC) miliknya.

Adik dari pedangdut Nini Carlina bangga bisa bekerja sama dengan pemerintah. Terlebih Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di bawah komando Menteri Pariwisata Arief Yahya, sudah diakui dunia dengan level popularitas yang tinggi. Tidak hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri. Menjaga kualitas produk bakal menjadi oleh-oleh wajib Banyuwangi ini merupakan hal penting untuk diperhatikan.

“Sudah tentu aku menjaga kualitas sebagai hal yang pertama diperhatikan. Karena bagaimanapun, ini akan menjadi bagian dari wajah pariwisata Indonesia juga,” kata Fitri dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (18/8). Dia secara resmi akan memperkenalkan Banyuwangi Savana Cake pada Ahad (20/8) di Store Banyuwangi Savana Cake, Jalan Letjend S Parman Nomor 26, Banyuwangi.

Apa saja faktor yang diperhatikan Fitri dalam menjaga kualitasnya? Bagaimana cara dia menciptakan standardisasi produk? Sampai di mana keterlibatanya? Soal ini, wanita yang belum lama diangkat sebagai Duta Pariwisata Banyuwangi ini memastikannya dari bahan baku. Pisang sebagai bahan dasar Banyuwangi Savana Cake dipilih yang terbaik. Sebisa mungkin dia mengambil dari Banyuwangi dan kabupaten-kabupaten sekitar di wilayah Jawa Timur yang sangat melimpah komoditas pisangnya.

“Pisang di Jawa Timur terkenal luar biasa kualitasnya. Bahkan dulunya pada era tahun 80 hingga 90, Banyuwangi dikenal sebagai Kota Pisang karena melimpahnya pisang di kota ini. Namun karena ada virus yang menyerang pohon pisang, membuat jumlahnya menurun drastis,” kata Fitri.

Selanjutnya adalah di proses pembuatan. Wanita kelahiran 29 Mei 1987 ini memastikannya dengan menggunakan peralatan dapur berstandar tinggi, seperti yang digunakan industri kue kebanyakan. Dengan begitu, nantinya kualitas mulai dari rasa hingga bentuk dapat selalu terjaga, dan tidak ketinggalan higienitas yang selalu diperhatikan. “Saya pun menempatkan chef yang berpengalaman di hotel bintang 5. Jadi yang pasti dari segi rasa dan kualitas sangat mumpuni, standar bintang 5,” ujar Fitri.

Satu yang tak kalah penting adalah kemasan. Sebagai seorang yang sudah malang melintang di panggung hiburan Tanah Air, Fitri sangat paham pentingnya penampilan. Karena itu, dia turun langsung dalam memastikan seluruh proses, mulai dari pemilihan bahan baku hingga menentukan kemasan yang sesuai, yang dapat merepresentasikan pariwisata Banyuwangi dan Indonesia secara keseluruhan. “Packaging-nya tentunya secantik mungkin, dan pastinya ada logo Wonderful Indonesia. Tidak hanya di packaging tapi juga di dalam toko,” kata Fitri.

Banyuwangi Savana Cake memiliki lima varian rasa yang semuanya merepresentasikan destinasi dan keindahan Banyuwangi. Mulai dari Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Iren. “Aku ingin mengajak semua warga Banyuwangi untuk bernostalgia dengan masa-masa kejayaan Banyuwangi yang pernah dikenal sebagai Kota Pisang dengan tetap bisa menikmati kenikmatan olahan pisang melalui cake dari Banyuwangi Savana Cake,” kata Fitri.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengapresiasi langkah yang diambil Fitri. Dengan menerapkan standar kualitas yang tinggi, akan lebih mudah bagi satu produk untuk hadir dan bersaing. “Kalau ingin bersaing di level global, gunakan global standard juga. Kenali dirimu maka kamu akan memenangi peperangan,” ujarnya.

Menurut dia, respons cepat dari endorser seperti Fitri Carlina akan memberi dampak yang besar dalam meningkatkan brand pariwisata Indonesia. Sebelumnya Menpar juga telah melakukan co-branding dengan 28 merek lainnya baik nasional dan internasional.

Strategi co-branding tersebut dikatakan Menpar untuk lebih menaikkan lagi brand Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. “Karena kemenangan itu bukan kebetulan, kemangan itu direncanakan,” ujar mantan Dirut PT Telkom ini.


sumber : Kemenpar
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA