Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Triathlete Tertua Asia Ikuti Ajang IRONMAN 70.3

Jumat 18 Agu 2017 13:21 WIB

Red: Qommarria Rostanti

jumpa pers Ironman 70.3 di FX Lifestyle Mall, Jakarta.

jumpa pers Ironman 70.3 di FX Lifestyle Mall, Jakarta.

Foto: Puskompublik Kemenpar

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN -- Perhelatan IRONMAN 70.3 Bintan diprediksi akan berlangsung penuh warna. Lomba ketiga terbaik dunia di bawah Jerman dan Prancis itu tak hanya diburu atlet-atlet papan atas dunia. Atlet 80 tahun asal Malaysia, Yee Sze Mun, juga dipastikan tampil di IRONMAN 70.3 Bintan pada 20 Agustus mendatang.

IRONMAN 70.3 adalah kegiatan triathlon yakni sebuah ajang yang melibatkan tiga olahraga berbeda dan harus dituntaskan secara berurutan. Meski cukup bervariasi, tiga olahraga dalam triathlon umumnya adalah berenang, bersepeda, dan berlari. Jarak dari perlombaan triathlon ini sendiri cukup bervariasi.

“Yee Sze Mun adalah triathlete tertua di Asia yang biasa terlihat di berbagai lomba triathlon,” ujar CEO MetaSport Nathalie Marquet, selaku penyelenggara, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (18/8).
 
Kiprahnya di Bintan diyakini bakal menjadi magnet tersendiri. Maklum, Yee Sze Mun juga tercatat sebagai atlet Malaysia pertama yang menerima penghargaan IRONMAN Hall of Fame 2015. Kekuatan fisiknya di atas rata-rata. Meski sudah tua, Yee sudah 16 kali menyentuh garis akhir di 16 penyelenggaraan IRONMAN. Dia juga sering berpartisipasi di lebih dari 150 triathlon di seluruh dunia. “Kehadiran Yee Sze Mun tentu akan menambah gengsi IRONMAN 70.3 Bintan 2017,” kata Nathalie.
 
Hingga saat ini MetaSport mencatat atlet elit dari 42 negara serta 1.200 atlet amatir atau rekreasional baik lokal maupun mancanegara sudah mendaftar. Termasuk diantaranya Fredrick Croneborg dan Kate Bevilaqua yang merupakan pemenang IRONMAN 70.3 Bintan 2016 lalu.
 
Ribuan peserta IRONMAN 70.3 Bintan 2017 nantinya akan ‘melahap’ rute menantang. Mulai dari berenang sejauh 1,9 kilometer di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah. Setelah itu, para peserta akan diajak bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 kilometer). Ujian daya tahan tubuh itu kemudian akan diakhiri dengan lomba lari yang akan melahap tiga lap sepanjang 21 kilometer.
 
Bintan yang indah, ditopang dengan perhelatan olah raga bertaraf internasional dipastikan siap menyambut wisatawan. Hadiah sebesar 15 ribu dolar AS serta 30 slot untuk mengikuti IRONMAN 70.3 World Championships di Afrika Selatan tahun depan juga menjadi daya tarik para atlet. Tak hanya atlet dunia saja yang bakal ambil bagian. Lebih dari 300 anak-anak Indonesia juga akan ambil bagian di akhir pekan dan berlari 1,5 kilometer di Ironkids fun run.
 
Bagi yang ingin menonton, jangan khawatir bakal kebosanan. Semua akan dihibur dengan berbagai aktivitas sepanjang akhir pekan. Sajian musik, festival makanan dan minuman, hadiah, lucky draw, dan beragam hiburan lainnya, dijamin siap menemani.  

Selain itu, penonton juga memperoleh kesempatan untuk mengikuti sesi tanda tangan dan foto bersama para atlet elit yang berlaga di lomba ini.
 
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan keindahan Bintan sudah tidak perlu diragukan lagi. Keindahan pantai serta bawah lautnya telah menjadi magnet ratusan ribu wisatawan setiap tahunnya. Yang hadir tidak hanya mereka wisatawan nusantara, tapi juga menjadi destinasi favorit para pelancong dari Singapura dan Malaysia.

“IRONMAN 70.3 dapat memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Ini akan mendongkrak pariwisata great Batam Bintan,” kata Arief.




sumber : Kemenpar
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA