Selasa 08 Aug 2017 10:15 WIB

9 Makanan Peningkat Metabolisme Tubuh

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir teh hijau kaya antioksidan yang bermanfaat baik bagi tubuh.
Foto: wikimedia
Secangkir teh hijau kaya antioksidan yang bermanfaat baik bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Metabolisme tubuh sebagian diperintah oleh genetika, tapi Anda bisa mengubahnya secara alami dengan makan yang benar. Isi sembilan makanan berikut ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Putih telur

"Putih telur kaya akan asam amino, yang membuat metabolisme Anda tetap menyala," ujar ahli gizi Chicago David Grotto, RDN seperti dilansir dari laman Health, Selasa (8/8). Telur juga sarat dengan protein dan vitamin D.

Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak penuh dengan besi. Kekurangan mineral dapat memperlambat metabolisme. Makanlah tiga sampai empat porsi harian makanan kaya zat besi, seperti ayam atau sereal yang difortifikasi.

Air

"Jika Anda sedikit mengalami dehidrasi, metabolisme Anda mungkin akan melambat," kata Scott Isaacs, MD, instruktur klinis kedokteran di Emory University School of Medicine. Tips utamanya adalah minum air dingin, yang memaksa tubuh Anda untuk menggunakan lebih banyak kalori untuk menghangatkannya.

Cabai

Cabai rawit mengandung capsaicin, senyawa kimia yang bisa menendang metabolisme ke gigi yang lebih tinggi. Hal ini dikatakan oleh Dr. Isaacs. Dia menyarankan untuk menambahkan satu sendok makan cabai cincang untuk makan sekali sehari. Cabai rawit juga merupakan sumber vitamin C yang tak terduga.

Kopi

Sebuah studi yang dipublikasikan di Physiology & Behavior menemukan bahwa rata-rata tingkat metabolisme orang minum kopi berkafein adalah 16 persen lebih tinggi dibanding orang yang minum kopi tanpa kafein.

Teh hijau

Minuman ini mengandung senyawa tanaman yang disebut EGCG, yang mempromosikan pembakaran lemak.

Susu

Studi yang dilakukan oleh Michael Zemel, PhD, mantan direktur The Nutrition Institute di University of Tennessee, menunjukkan bahwa mengkonsumsi kalsium dapat membantu tubuh Anda memetabolisme lemak dengan lebih efisien.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh membantu tubuh Anda membakar lebih banyak lemak karena mereka berusaha ekstra untuk memecah daripada biji-bijian olahan, seperti roti putih dan pasta. Seluruh makanan yang kaya akan serat, seperti beras merah dan oatmeal, adalah taruhan terbaik Anda.

Lentil

Sekitar 20 persen wanita kekurangan zat besi, yang merupakan kabar buruk bagi lingkar pinggang Anda. Secangkir lentil menyediakan 35 persen kebutuhan zat besi harian Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement