Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Diet Mediterania Mampu Cegah Demensia

Rabu 19 Jul 2017 18:16 WIB

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Demensia

Ilustrasi Demensia

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Diet Mediterania memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah demensia. Diet tersebut telah lama dikenal baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kajian terbaru dalam konferensi Alzheimer Internasional menemukan, orang dewasa yang melakukan diet Mediterania secara substansial berhasil mengurangi risiko demensia, alzheimer, dan penurunan kognitif lainnya. Diet Mediterania menekankan konsumsi buah, sayur, protein tanpa lemak seperti ayam dan ikan, minyak zaitun, dan gandum utuh.

"Konsumsi diet sehat berkaitan dengan fungsi kognitif yang lebih baik dan mampu menurunkan 30 hingga 35 persen risiko pelemahan kognitif pada masa penuaan," ujar peneliti dari University of California Claire McEvoy seperti dikutip dari Fortune, Senin (17/7).

Meski angka tersebut cukup impresif, masih diperlukan penelitian yang lebih terperinci untuk memastikannya. Peneliti perlu untuk melakukan uji coba secara acak untuk memperkuat pendapat tersebut. Meski begitu, penelitian itu telah menambah deretan penelitian yang mengakui manfaat makanan berprotein tinggi dan rendah lemak berkaitan dengan peningkatan kesehatan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA