Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Jakarta Fair Kemayoran

Berburu Kerak Telor di Kampung Betawi

Rabu 05 Jul 2017 14:54 WIB

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kerak Telor makanan khas Betawi

Kerak Telor makanan khas Betawi

Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Acara tahunan, Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017, masih akan digelar sampai tanggal 16 Juli. Tak hanya untuk berbelanja, JFK 2017 juga bisa menjadi salah tempat mengenalkan budaya dan kuliner daerah kepada buah hati dan keluarga.

Seperti Cindy (27 tahun), ia bersama dengan suami dan anaknya beberapa waktu lalu menyempatkan diri datang ke JFk 2017 hanya untuk sekadar berburu sajian khas betawi, kerak telor di JFK 2017.

"Suami memang sengaja ngajak dan anak untuk makan kerak telor, jarang-jarang juga kan sekarang bisa menemukan makanan khas begini, ternyata anak juga suka," ujar warga Kota Bumi, Tangerang itu saat berbincang dengan Republika.co.id, Rabu (5/7).

Selain memakan sajian kerak telor, sambung Cindy, ia beserta suaminya juga membawa pulang bir pletok, minuman khas betawi. "Kebetulan keluarga suami senang dengan bir pletok, jadi ya beli buat oleh-oleh," tuturnya.

Kampung Betawi memang sudah dikenal eksis memperkenalkan sejumlah sajian kuliner Betawi di setiap kali penyelenggaraan Jakata Fair Kemayoran. Tahun ini, Kampung Betawi masih bertempat di area belakang Hall D Jiexpo Kemayoran. Hanya saja, kini Kampung Betawi tampil dengan nuansa yang sedikit berbeda, karena tampil beriringan dengan Kuliner Nusantara yang berada di sebelahnya.

Khusus untuk kuliner, Kampung Betawi memiliki total hingga 42 stand yang mayoritasnya berasal dari Usaha Kecil Menengah (UKM).  Kampung Betawi bisa menjadi tempat yang tepat untuk berbuka bersama kerabat dan keluarga dengan harga yang terjangkau.

Para pengunjung bisa kembali bernostalgia dengan sejumlah makanan betawi yang memiliki cita rasa khas. Beberapa hidangan seperti kerak telor, toge goreng, dodol betawi, aneka soto betawi, laksa hingga nasi ulam semuanya tersedia di Kampung Betawi.

Para pengisi stan Kampung Betawi ini juga merupakan para pengusaha binaan Lembaga Kebudayaan Betawi. Kampung Betawi juga dengan kata lain memberikan kesempatan kepada mereka para pengusaha yang berasal dari UKM, untuk dapat mengembangkan bisnisnya di Jakarta Fair Kemayoran tahun ini.

Tak hanya memperkenalkan kuliner, di sini para pengunjung juga bisa menemukan pertunjukan-pertunjukan seni dan budaya tradisional Betawi, mulai dari Gambang Kromong, Lenong, berbagai tarian dan juga parade pertunjukan silat. Selain itu, tak lupa juga Kampung Betawi tahun ini akan kembali mengadakan Festival Abang-None Cilik yang telah menjadi icon dari Kampung Betawi itu sendiri.

Kampung Betawi juga akan diramaikan oleh sejumlah seniman-seniman kenamaan budaya Betawi. Beberapa diantaranya adalah seperti Bang Qubil, Bang Ocid dan Sony Wakwaw, seniman-seniman Betawi yang juga kerap tampil di tayangan televisi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA