Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Tiga Alasan untuk Makan Lebih Banyak Nanas

Jumat 30 Jun 2017 09:52 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani

Buah nanas.

Buah nanas.

Foto: Flickr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Siapa yang tidak kenal dengan buah tropis yang satu ini? Buah berwarna kuning cerah dengan kulit bersisik ini lezat dan sangat bermanfaat untuk kulit, tulang, dan sistem pencernaan.

Nanas bukan hanya buah tropis yang enak rasanya. Buah yang penuh duri di luarnya, berwarna kuning di dalam, mengandung banyak air, dengan rasa manis-asam memiliki banyak manfaat buat kesehatan.

Keunggulan nanas adalah berbagai vitamin yang terkandung di dalamnya dan mudah dicerna. Nanas pun bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, mulai dari buah segar dalam bentuk potongan, dijus, dibuat selai, sampai campuran es buah, es krim, puding, dan yoghurt.

Seperti dilansir, Time, Jumat (30/6) ada tiga alasan jika Anda mengonsumsi nanas untuk kesehatan tubuh, antara lain

1. Kaya sarat vitamin C
Semangkuk irisan nanas mampu mencukupi kebutuhan harian akan lebih dari 100 persen vitamin C. Nutrisi ini membantu kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan di seluruh tubuh. Nanas bisa sebagai antioksidan, melindungi sel dari penuaan dini dan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Vitamin ini juga memiliki efek pada lingkar pinggang. Studi menemukan bahwa olah raga yang tidak mendapatkan cukup vitamin C membakar sekitar 25 persen kalori lebih sedikit selama latihan. Terlalu sedikit vitamin C dalam aliran darah telah dikaitkan dengan lemak tubuh dan ukuran pinggang yang lebih tinggi.

2. Mendukung kulit yang sehat
Nanas kaya akan mangan. Mineral ini, bersama dengan vitamin C, diperlukan untuk membangun kolagen, komponen struktural kulit yang mencegah kendur dan keriput. Mangan juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel kulit dari kerusakan sinar UV, membuat nanas sangat penting di musim panas.

Selain itu, nanas juga bisa menyehatkan pencernaan karena nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang memecah gelatin menjadi blok bangunan asam aminonya, mencegahnya menjadi atau tetap padat.

Nanas sering digunakan di bumbu-bumbu, untuk membantu melunakkan daging dan enzim tersebut tidak hanya mempengaruhi masakan, jika Anda makan nanas bersama dengan makanan, bromelain dapat membantu Anda mencerna protein, berpotensi mengurangi kembung, gangguan pencernaan, dan kelesuan.

3. Bisa jadikan minuman sehat
Serat makanan dalam nanas juga membantu menjaga keteraturan usus, dan mencegah sembelit. Nanas segar juga ditambahkan dalam minuman smoothies.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA