Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Padang City Guide, Panduan Berwisata di Kota Padang

Kamis 15 Jun 2017 15:58 WIB

Red: Gita Amanda

Wisatawan mengunjungi objek wisata Pantai Padang, Padang, Sumatra Barat, Senin (12/12).

Wisatawan mengunjungi objek wisata Pantai Padang, Padang, Sumatra Barat, Senin (12/12).

Foto: Antara/Iggoy el Fitra

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Berwisata di Kota Padang kini lebih mudah. Sebab, kini tersedia aplikasi berbasis Android dalam gawai tentang segala hal mengenai Kota Padang bertajuk Padang City Guide.

Usai diunduh dan disimpan, masyarakat sudah langsung mengetahui beragam informasi tentang kota yang dahulunya merupakan daerah rantau orang luhak atau nenek moyang orang Minangkabau itu. "Tinggal unduh dan semua tempat yang ada di Padang tersaji di aplikasi tersebut," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, Rabu (14/6) lalu, melalui siaran persnya.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi menjelaskan, aplikasi ini sudah ada sejak awal tahun. Namun, saat itu masih fokus ke destinasi wisata, hiburan, hotel, dan restoran.
 
Momen liburan Lebaran dinilai sangat tepat untuk memperkenalkan aplikasi ini ke masyarakat dan tentunya warga padang yang sedang merantau di luar daerah, sekaligus bagian dari pengembangan pariwisata.
 
"Hadirnya aplikasi ini diharapkan bisa memudahkan perantau dan wisatawan yang akan berlibur ke Padang. Sehingga wisatawan tidak ragu dan bertanya-tanya lagi ketika ingin berwisata ke Padang. Semuanya sudah lengkap di aplikasi itu. Untuk informasi pariwisata sudah 70 persen ada di sana, nanti bertahap kami perbarui,” ujar Medi.
 
Aplikasi yang belum lama diluncurkan itu sudah diunduh oleh 1.000 lebih pengguna. Aplikasi itu memuat informasi mengenai objek wisata, kuliner dan rumah makan, transportasi, ATM, perkantoran, tempat ibadah, hotel, tempat hiburan, perbankan, dan informasi lainnya.
 
“Kebutuhan informasi wisatawan yang semakin kompleks, aplikasi itu dikembangkan dengan menambah ribuan informasi mengenai Kota Padang. Ke depannya aplikasi ini dan terhubung dengan transportasi online, juga pemesanan hotel, jadi sangat gampang,” kata Medi.
 
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengucapkan selamat atas diluncurkannya aplikasi Padang City Guide. Dirinya semakin yakin dengan aksi transformasi digital bakal membawa gerbong Kementerian Pariwisata melompat jauh menuju target menjaring 20 juta wisatawan di 2019.
 
Go Digital itu sudah diluncurkan Kemenpar sejak Oktober 2016! Go Digital Be The Best. The more digital the more personal, The more digital the more global, The more digital the more professional," kata Menpar Arief Yahya.
 
Semakin personal, karena komunikasi data dalam promosi digital marketing itu sudah langsung ke telepon pintar pengguna. Global, karena dengan menggunakan digital sudah bisa diakses dari mana pun juga. Sudah semakin borderless, tidak berbatas. Professional, karena semakin tahu apa, siapa, dan bagaimana penggunanya.
 
“Maka tidak bisa dihindarkan, harus berani mengambil risiko, menjadi digital. Kalau tak segera mengubah pola pikir ke digital, kita pasti ketinggalan dan sulit mengalahkan rival-rival utama kita,” ujar Arief.

sumber : Kemenpar
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA