Ahad 21 May 2017 14:58 WIB

Pemberian ASI Bantu Turunkan Beban Keluarga

Ibu menyusui bayinya.
Foto: Republika/Prayogi
Ibu menyusui bayinya.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemberian ASI oleh ibu dapat membantu menurunkan beban keluarga, terlebih bagi keluarga yang kurang mampu. Dalam sebulan, pengeluaran susu formula standar untuk bayi bisa mencapai Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu. 

"Dana untuk membeli susu tersebut tentu akan menyita anggaran rumah tangga, apalagi bagi mereka yang penghasilannya masih di bawah Rp 1 juta per bulan," kata ahli laktasi dr Utami Roesli SpA di Padang, Sumatera Barat, Ahad.

Sementara itu, jika yang diberikan kepada bayi adalah susu formula premium maka tidak kurang dari Rp 2 juta harus dikeluarkan setiap bulan.

Utami menghitung total biaya rata-rata yang dikeluarkan untuk membeli susu formula untuk anak usia hingga enam bulan mencapai Rp 9,8 juta. Lantas, hingga anak usia satu tahun, pengeluaran beli susu formula akan mencapai Rp 20,4 juta. "Jika pemberian susu formula diteruskan sampai dua tahun, keluarga akan keluar uang Rp 43 juta hingga Rp 134, 4 juta," kata dokter senior ini dalam Workshop dengan tema "Keajaiban ASI dan Efek Samping Pemberian Formula Pada Bayi Ditinjau Dari Sisi Medis dan Hukum Syariah". 

Utami menjelaskan pengeluaran tersebut bisa dihindari dengan pemberian makanan terbaik bagi bayi, yakni ASI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement