Jumat 28 Apr 2017 10:13 WIB

Mengenal Manfaat Taurin dalam Minuman Berenergi

Minuman berenergi (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Minuman berenergi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman berenergi selalu jadi pilihan ketika seseorang membutuhkan suplemen dalam meningkatkan energi tubuh. Tidak hanya itu, minuman energi juga kerap dipilih untuk melawan rasa kantuk.

Namun, lebih dari itu, minuman berenergi juga sejatinya memiliki manfaat lain. Salah satunya adalah mencegah kegemukan dan menurunkan kadar gula darah. Hal ini berkat keberadaan Taurin yang biasanya terkandung dalam minuman berenergi.

Belum banyak orang tahu keberadaan Taurin yang telah diuji melalui serangkaian studi terbukti bermanfaat mencegah kegemukan dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu taurin juga dapat mencegah kerusakan hati.

Taurin adalah ingredient penting yang biasanya terkandung dalam minuman berenergi. Tetapi, tidak semua minuman energi mengandung Taurin, melainkan hanya ada di merek-merek ternama seperti Kratingdaeng dan Red Bull. Pentingnya Taurin karena berperan membantu meningkatkan toleransi terhadap glukosa/gula, yang bereaksi dalam proses metabolisme yang biasanya dikonsumsi dengan dosis 1.000 mg per saji.

Bagi manusia, Taurin berperan penting mencerna lemak, menyerap vitamin yang larut dalam lemak dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh (Anyvitamins). Selain ituTaurin bersama Zinc (Zn) (seng) penting juga untuk menjaga kesehatan mata. Itu sebabnya anak pada masa pertumbuhan perlu mendapat asupan Taurin yang cukup.

Menurut Sunarti, Komite Profesi Kesehatan Lain Rumah Sakit Islam Cempaka Putih yang juga seorang nutrisionis, Taurin merupakan asam amino kondisional yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia dewasa.  

"Asam amino terbagi dalam dua kelompok besar yaitu asam amino esensial (asam amino yang tidak bisa disintesa oleh tubuh) dan asam amino non esensial (asam amino yang dapat disintesa oleh tubuh)," kata dia.

Di sini dapat digarisbawahi, bahwa Taurin adalah asam amino yang penting diasup sebagai food supplement.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement