Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Olahraga Sebaiknya Dilakukan Saat Perut Kosong

Ahad 16 Apr 2017 07:09 WIB

Red: Esthi Maharani

Olah Raga

Olah Raga

REPUBLIKA.CO.ID, Olahraga akan berdampak positif bagi tubuh jika dilakukan dalam perut kosong. Sebuah studi terbaru dalam American Journal of Physiology -- Endocrinology and Metabolism menunjukkan, setelah makan, jaringan adiposa "sibuk" merespon makanan. Olahraga tak akan merangsang perubahan yang menguntungkan bagi jaringan adiposa.

"Ini berarti berolahraga dalam keadaan perut kosong menimbulkan perubahan yang lebih menguntungkan bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang," kata salah satu peneliti, Dylan Thompson dari University of Bath, Inggris dilansir Times of India.

Peneliti menemukan, ekspresi dua gen yakni PDK4 dan HSL meningkat saat orang berpuasa atau tak makan, lalu berolahraga. Namun, kedua gen ini berkurang ketika mereka makan sebelum olahraga.

Kenaikan PDK4 menunjukkan bahwa lemak yang tersimpan dalam tubuh digunakan untuk bahan bakar metabolisme selama latihan, bukan dari karbohidrat yang baru dikonsumsi.

Sementara HSL biasanya meningkat ketika jaringan adiposa menggunakan simpanan energi untuk mendukung peningkatan aktivitas, seperti selama latihan.

"Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa makan sebelum latihan mempengaruhi jaringan adiposa ekspresi gen," demikian kesimpulan studi

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA