Selasa 04 Apr 2017 13:56 WIB

Lakukan Ini Agar Otak Tetap Tajam Saat Tua

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi: orang tua
Foto: friendster.com
Ilustrasi: orang tua

REPUBLIKA.CO.ID, Usia tua biasanya identik dengan kepikunan atau daya ingat otak yang menurun. Menurut sebuah penelitian,  salah satu cara terbaik untuk menjaga otak tetap tajam di usia tua adalah tetap menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas.

Untuk menjaga ketajaman otak, sebuah pengamatan bernama Dallas Lifespan Brain Study dilakukan terhadap 300 orang. Mereka yang terlibat dalam studi ini adalah orang dengan rentang usia antara 50 sampai 89 tahun.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa orang berusia 50 tahun dengan jadwal sibuk memiliki keterkaitan dengan kemampuan otak yang lebih baik, peningkatan memori, penalaran tajam dan kosa kata yang yang lebih baik.

Penulis studi menyimpulkan, menjaga gaya hidup tetap sibuk penting di usia pertengahan serta usia lanjut karena memberikan efek positif terhadap kemampuan otak. Namun, penelitian ini belum dapat memastikan apakah kesehatan otak yang lebih baik hanya dipengaruhi oleh tetap menjaga kesibukan aktivitas.

“Menjadi sangat sibuk juga berdampak buruk bagi kognisi. Namun, data menunjukkan bahwa manfaat dari kesibukan lebih besar dari pada sisi negatifnya,” ujar penulis studi Denise Park yang juga direktur penelitian dari Universitas Texas di Dallas.

Park mengatakan timnya berencana untuk lebih mempelajari efek dari kesibukan pada otak sehingga dapat menguraikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan atau menghambat kemampuan kognisi di kemudian hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement