Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Membeli Rumah dan Mobil dengan Gaji Rp 4 Juta

Selasa 07 Mar 2017 17:11 WIB

Red: Indira Rezkisari

Perencanaan keuangan

Perencanaan keuangan

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki rumah dan mobil adalah tujuan bagi sebagian orang yang telah bekerja dengan mendapatkan gaji yang cukup maksimal. Harga properti saat ini cenderung naik setiap tahunya, begitu juga dengan harga mobil yang semakin baru desainnya, rentang harganya juga cukup tinggi. Jika ingin memiliki keduanya, sudah tentu tabungan yang ada harus maksimal.

Namun, terkadang untuk bisa menabung secara rutin cukup sulit. Setiap bulannya ada saja kebutuhan tidak terduga yang ternyata lebih penting, sehingga tujuan untuk memiliki rumah dan mobil harus tertunda. Sebenarnya gaji Rp 4 jutaan bisa cukup untuk mengumpulkan uang dan membeli keinginan dalam kurun waktu 5 tahun saja.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar gaji Rp 4 jutaan Anda bisa membeli mobil dan rumah dalam kurun waktu 5 tahun saja.

Sisihkan Uang Makan Rp 1,2 Juta Setiap Bulannya
Lakukan perhitungan pada gaji Rp 4 juta. Sisihkan Rp 1,2 juta untuk uang makan setiap bulan. Anggaran tersebut memenuhi kebutuhan makan secara sederhana. Anda bisa menyiapkan sarapan sehari-hari dengan menu sederhana seperti bihun, mi, telur, dan juga segelas susu. Makan siang sederhana disertai buah-buahan dan untuk malam hari, Anda bisa memasak 2 jenis sayuran dan juga segelas susu sebelum tidur. Menu sederhana juga membuat kita lebih hemat dan cukup sehat.

Sisihkan Rp 185 ribu untuk Smartphone
Pengeluaran lain yang rutin harus kita keluarkan adalah untuk penggunaan smartphone. Smartphone umumnya memerlukan biaya untuk mengakses internet dan juga untuk berkomunikasi langsung seperti telepon atau SMS. Untuk anggaran ini, dari gaji Rp 4 juta, setelah dikurangi uang makan, sisihkan Rp 185 ribu untuk keperluan komunikasi itu.

Jatah Beli Buku atau Majalah
Informasi dan pelajaran ini bisa kita dapatkan dari membaca buku. Itulah sebabnya, toko buku yang ada di kawasan mal hingga saat ini tidak tutup, karena minat orang terhadap buku dan membaca masih cukup tinggi. Anda yang kebetulan suka dengan buku, ada jatah untuk menyisihkan Rp 200 ribu dari gaji Rp 4 jutaan. Jika memang kurang suka membaca buku, atau lebih suka mengikuti seminar bedah bukunya langsung, anggaran tersebut juga bisa diganti untuk seminar terkait.

Rp 400 Ribu untuk Berlibur
Merencanakan untuk berlibur tentunya menjadi agenda wajib bagi sebagian orang yang kesehariannya selalu sibuk dengan pekerjaan di kantor. Berlibur juga membutuhkan anggaran tertentu yang harus disiapkan dari awal. Sisihkan Rp 400 ribu untuk berlibur dari gaji Rp 4 jutaan. Tentukan rencana liburan yang seru, dengan menyewa hotel yang nyaman di sekitar tempat berlibur.

Jatah Investasi Rp 1 Jutaan
Gaji Rp 4 jutaan merupakan gaji yang cukup maksimal untuk bisa berinvestasi. Jika ada kesempatan untuk investasi maka jangan ditunda. Investasi yang legal dan terpercaya akan memberi banyak keuntungan. Uang investasi yang telah disisihkan tersebut juga bisa digunakan untuk memulai bisnis kecil-kecilan yang mungkin sedang coba dirintis.

Rp 300 Ribu untuk Traktir Teman
Ingin menjadi teman yang baik dan selalu perhatian? Sisihkan Rp 300 ribu dari uang gaji Rp 4 jutaan untuk bisa mentraktir teman sekantor. Tidak ada salahnya berbagi rezeki sesekali.

Segera Menabung untuk Membeli Rumah dan Mobil yang Diinginkan
Setelah diperhitungkan, dan semua kebutuhan tetap bisa terpenuhi, maka sisa uang yang ada adalah jatah untuk mewujudkan mimpi, setidaknya dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Lakukan ini secara berkelanjutan, dan maksimalkan terus tabungan ini bila mendapat tambahan bonus dari gaji.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA