Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

4 Tips Atasi Lemak di Perut

Senin 20 Feb 2017 00:15 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari

Minuman soda, salah satu minuman dengan kalori dan kadar gula tertinggi.

Minuman soda, salah satu minuman dengan kalori dan kadar gula tertinggi.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, Lemak berlebih di bagian perut merupakan salah satu permasalahan besar bagi sebagian kalangan. Mereka kerap tidak percaya diri dengan perut yang buncit, dapat menyebabkan pakaian Anda sesak dan membuat posisi duduk sangat tidak nyaman.

Seperti dilansir laman Lifehack, lemak perut tidak hanya menjengkelkan. Hal ini juga terkait dengan peningkatan risiko penyakit. Para ilmuwan menyebut orang-orang yang memiliki berat badan bentuk 'apel' di pinggang besar berisiko meningkatkan penyakit khususnya jantung.

Jika Anda sudah mencoba diet dan gagal berkali-kali untuk membuat perubahan setidaknya ada empat metode mengatasi lemak perut. Antara lain:

Latihan aerobik
Jika Anda mencoba untuk menghilangkan lemak dari perut Anda, Anda mungkin menyimpulkan bahwa Anda harus fokus pada latihan perut. Namun, penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik seperti berenang dan berjalan sebenarnya jauh lebih efektif dalam mengurangi kadar lemak perut. Tidak ada bukti bahwa melatih otot perut Anda akan dengan sendirinya memiliki efek pada ukuran pinggang atau kadar lemak perut.

Makan lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat
Jika ingin mengurangi lemak perut Anda, Anda perlu untuk mengurangi berat badan secara keseluruhan dengan mengadopsi pola makan yang sehat ditambah dengan latihan rutin yang baik. Salah satu penyesuaian diet sederhana yang dapat dilakukan adalah makan lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat. Karbohidrat dipecah lebih cepat dibandingkan makanan kaya protein, yang berarti Anda akan menjadi cepat lapar.

Kemudian Anda harus mengonsumsi makanan protein tanpa lemak bersama dengan sayuran. Jadikan karbohidrat bukan sebagai komponen utama makanan. Misalnya, pilihan makan malam yang baik adalah porsi ikan berlemak, sayuran dengan minyak zaitun, dan sebagian kecil dari kentang.

Alih-alih makanan ringan karbohidrat berat seperti kentang goreng atau sandwich, coba buah dengan porsi protein. Apel dan irisan keju merupakan pilihan yang lebih sesuai.

Pastikan tidak sembelit
Kadang-kadang perut buncit sebenarnya tanda sembelit daripada kelebihan lemak perut. Ikuti tips ini untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus besar. Hindari makanan yang mendorong kembung pada beberapa orang seperti kacang, sayuran brokoli, dan biji-bijian seperti gandum dan barli.

Hindari minuman manis dengan gula
Kita semua tahu bahwa minuman manis menyebabkan kerusakan gigi tetapi mereka juga mendorong perkembangan lemak perut. Makan gula dalam makanan cukup buruk, tapi menelan itu dalam bentuk cair bahkan lebih buruk. Ketika Anda minum minuman manis, otak Anda tidak mendaftar kalori dalam minuman, yang berarti bahwa Anda dapat mengonsumsi ratusan kalori yang tidak mengisi Anda namun masih memberikan kontribusi pada pengembangan kelebihan lemak. Ini berarti bahwa Anda akhirnya mengambil dalam jumlah yang lebih tinggi kalori secara keseluruhan.

Secara kesimpulan dengan mengambil empat langkah di atas dan Anda dapat berharap untuk perut datar dalam beberapa minggu. Sangat penting untuk diingat, bagaimanapun bahwa Anda akan perlu untuk membuat langkah-langkah berkelanjutan jika Anda ingin mengubah diri.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA