Kamis 09 Feb 2017 06:10 WIB

Kenali Gejala Dehidrasi Selain Haus

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Dehidrasi (ilustrasi)
Foto: MenHealth
Dehidrasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekira dua pertiga bagian atau 70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Karena itu, sangat penting memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum cukup air supaya tak mengalami dehidrasi.

Tidak hanya perasaan haus, tanda-tanda dehidrasi rupanya bisa hadir dalam berbagai bentuk mengejutkan. Apa saja?

Konsultan diet Helen Bond mengatakan, tanda dehidrasi lain yang perlu dikenali dalah temperamen yang tiba-tiba memburuk. "Dehidrasi bisa memengaruhi mood sehingga seseorang mudah marah. Studi juga telah menunjukkan bahwa orang yang terhidrasi dengan baik umumnya lebih bahagia dan terfokus," ujar Bond kepada laman Express.

Bibir dan kulit kering juga merupakan salah satu ciri dehidrasi, yang harus diatasi dengan segera minum. Susah konsentrasi, pusing, dan sakit kepala termasuk tanda yang diakibatkan seseorang tak cukup makan atau minum sehingga level gula darahnya menurun.

Gejala dehidrasi lain, apabila seseorang merasa amat lelah baik secara fisik maupun mental. Tanda umum selanjutnya termasuk merasa sangat cemas tanpa alasan, tertekan, serta warna urine menggelap dan lebih bau.

Jumlah air minum harian yang direkomendasikan ialah tiga liter untuk pria dan 2,2 liter untuk wanita. Layanan kesehatan nasional (NHS) Inggris mengatakan, jumlah air dalam tubuh harus senantiasa cukup guna menyeimbangkan mineral yang memengaruhi fungsi tubuh.

"Dehidrasi terjadi ketika air yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada yang masuk. Air sangat penting untuk melumasi sendi dan mata, membantu pencernaan, mendorong keluar limbah dan racun, serta menjaga kulit tetap sehat," ungkap pernyataan resmi NHS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement