Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Menelusuri Keunikan Kota Bandung Lewat Wisata Sepeda

Kamis 02 Feb 2017 12:07 WIB

Rep: Arie Lukhardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra

 Ratusan sepeda onthel mengikuti pesta Asian African Karnival yang diadakan di sepanjang Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/4). (Republika/Raisan Al Farisi)

Ratusan sepeda onthel mengikuti pesta Asian African Karnival yang diadakan di sepanjang Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/4). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung hingga kini masih menjadi tempat tujuan wisata favorit bagi wisatawan. Selain udara dingin dan panorama menarik, daya tarik wisata belanja dan kulinernya masih menjadi andalan. Kini Kota Kembang juga menyiapkan sensasi wisata lain, yakni menjelajahi keunikan kota menggunakan sepeda.

Dinas Perhubungan Kota Bandung menyebut wisata sepeda ini sebagai pengalaman baru yang dikemas secara menarik. Ada empat pilihan paket yang sudah bisa dipilih pengunjung. Yakni, Archipelwijk, Taman Kota, Bandung Baheula, dan Jejak Soekarno di Bandung.

Tujuan dari wisata sepeda ini adalah mengenalkan Kota Bandung dengan cara yang berbeda. "Dishub merancang sepuluh paket wisata sepeda, tapi kita baru siapkan empat paket wisata Kota Bandung," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi, kepada wartawan.

Menurut Didi, Wisata Sepeda Kota Bandung ini secara resmi belum diluncurkan, tetapi akan dimulai pada tanggal 4-5 Februari 2017. Wisata Sepeda ini, akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Ahad, bekerjasama dengan Komunitas Eco Transport. Titik temu dari setiap paket wisata sepeda dirancang berbeda.

Misalnya, kata dia, untuk titik temu Jejak Sukarno di titik temunya ditentukan di Braga, Archipelwijk di Saparua, Taman Kota di Balkot, dan serta Bandung Baheula di Pendopo. Untuk menikmati Wisata Sepeda, per orang dikenakan biaya Rp 170 ribu. Minimal, setiap perjalannya harus ada sepuluh orang dalam satu paket wisata.

"Jadi buat biaya wisata ini satu orang dipungut Rp 170.000 tapi itu udah semua, kayak sepeda, sama dapat makan, dan minimal harus ada sepuluh orang," katanya.

Paket wisata Bandung Baheula, kata dia, menawarkan pengalaman bersepeda di sekitar bangunan-bangunan tua di Bandung. Sehingga, wisatawan akan merasakan nuansa Bandung tempo dulu. Sementara paket Archipelwijk, akan mengajak para turis untuk mengitari jalan-jalan dengan nama pulau, seperti Jalan Jawa, Jalan Sumatera, Jalan Kalimantan, dan lain-lain.

Sedangkan untuk paket Jejak Soekarno di Bandung, kata dia, pelancong akan berkeliling ke tempat-tempat yang berkaitan dengan sejarah Bung Karno semasa hidup di Bandung dengan menggunakan sepeda. Terakhir, paket Taman Kota akan membawa para pesepeda berkeliling ke taman-taman tematik yang menjadi ciri khas Kota Bandung. "Wisatawan hanya tinggal datang, sepedanya kami pinjamkan plus makan siang sudah ditanggung," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA