Rabu 01 Feb 2017 18:29 WIB

Bermain Gim dan Buat Kerajinan Dapat Menjaga Kesehatan Otak

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
Memindai otak/ilustrasi
Memindai otak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Dalam usia 70 tahun ke atas, kegiatan sederhana seperti menjelajah internet, bermain kartu, dan bahkan sekadar bersosialisasi bisa memperkuat fungsi otak. Di kalangan lansia yang menjalani terapi itu, terjadi pengurangan efek penurunan mental yang bisa memicu demensia.

"Mereka (lansia) tidak perlu menghabiskan uang tabungan untuk membeli gawai mewah," ujar peneliti saraf dari Klinik Mayo Arizona, Amerika Serikat Yonas Geda seperti dikutip dari Voa News, Selasa (31/1).

Kajian tersebut dipublikasikan dalam jurnal neurologi JAMA. Peneliti memberi catatan, aktivitas tersebut menjadi penyebab utama munculnya hubungan statistik dengan penurunan risiko penyakit. Namun, anggota asosiasi Alzheimer Heather Snyder mendukung gagasan berhubungan secara mental baik untuk kesehatan otak.

Penelitian ini mengamati lima jenis kegiatan yang dianggap membantu menjaga pikiran tajam yakni menggunakan komputer, membuat kerajinan, bermain game termasuk catur atau jembatan, pergi ke bioskop, dan membaca buku. Idenya adalah untuk melihat apakah kegiatan ini bisa membantu mencegah penurunan kognitif ringan atau kondisi yang melibatkan masalah dengan memori.

Sekitar dua ribu orang dewasa berusia 70 hingga 93 tahun tanpa masalah memori berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka tinggal di Minnesota Olmsted County, tempat klinik Mayo berada. Mereka ditanya apakah mereka telah terlibat dalam salah satu dari lima kegiatan selama setahun sebelumnya.  

Peserta penelitian yang terlibat dalam salah satu kegiatan setidaknya sekali dalam seminggu memiliki kemungkinan 20 persen hingga 30 persen lebih untuk terkena penyakit otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement