Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Mengatur Keuangan Bagi Pemilik Pendapatan tak Tentu

Ahad 29 Jan 2017 13:01 WIB

Red: Indira Rezkisari

Bekerja freelance

Bekerja freelance

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin di antara Anda ada yang berprofesi sebagai freelancer atau pelaku bisnis tertentu, mungkin Anda pun sudah biasa mendengar istilah pendapatan tak tentu. Pendapatan tak tentu adalah pendapatan yang didapatkan dari hasil bekerja tidak tetap, dan untuk gaji harus menunggu sesuai dengan ketetapan dari pemberi kerja.

Menggantungkan hidup hanya pada gaji per bulan rasanya akan cukup sulit. Mengingat harga kebutuhan bahan pokok selalu meningkat. Orang yang bekerja secara self employed, dapat menentukan waktu kerjanya sendiri agar mudah diselesaikan. Bekerja secara sendiri juga bisa menghadapi risiko jatuh miskin.

Jangan kuatir, ada tips bagi pemilik pendapatan tak tentu agar bisa mengatur keuangannya.

Ketahui Anggaran Minimal Keuangan
Anggaran minimal belanja perlu diketahui untuk memahami berapa yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh kebutuhan rumah dalam satu bulan. Anggaran minimal bak benang merah dari pengaturan keuangan yang ingin kita lakukan. Anggaran minimal terdiri dari kebutuhan perlengkapan rumah, tagihan listrik, transportasi, belanja bulanan dan keperluan anak.

Cara mengetahui anggaran minimal sangat mudah. Siapkan kertas selembar lalu buatlah daftar biaya belanja bulanan dan juga estimasikan pengeluaran yang ada.

Kalkulasikan Rencana pengeluaran
Setelah membuat catatan anggaran minimal dari kebutuhan yang ada, langkah selanjutnya adalah membuat daftar biaya belanja untuk perencanaan pengeluaran. Masukkan semua daftar pengeluaran, termasuk yang kurang penting seperti tagihan TV kabel, pengeluaran hobi atau struk harga saat makan di luar.

Membuat Dana Darurat
Anda pernah mendengar mengenai tabungan menjadi penyalemat keuangan sebagian orang? Hal ini memang terbukti jika Anda mau mengikuti langkah-langkah untuk menyimpan uang dengan benar. Sebaiknya siapkan dana darurat, dana cadangan untuk kebutuhan masa depan. Dengan memiliki dana tersebut secara maksimal, Anda akan bisa hidup tenang tanpa harus memikirkan besarnya biaya nanti.

Gaji untuk Diri Sendiri
Karena bekerja dengan istilah self employed ini bukan berarti penghasilan yang didapat menjadi khusus untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Jika ada anggota keluarga lainya yang juga merupakan tanggung jawab, kita juga harus mulai menyisihkan sedikitnya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Pendapatan tak Tentu Bukan Berarti tidak Bisa Menabung
Siapa bilang hanya yang memiliki gaji besar saja bisa menabung? Anda yang bekerja sebagai freelance juga masih bisa tetap menabung, dengan menjalankan beberapa langkah di atas. Menyimpan uang dalam tabungan lebih baik dibandingkan memasukanya kepada pengeluaran yang tidak perlu. Usahakan menabung tetap menjadi prioritas.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA