Selasa 17 Jan 2017 11:51 WIB

Tawaran Makanan dari Seseorang, Bikin Tubuh Sulit Menolak

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Junk Food
Junk Food

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika datang ke tempat orang lain akan tidak aneh melihat suguhan makanan ringan yang kurang sehat. Sering kali Anda sungkan mengambil sendiri, namun tidak bisa menolak ketika orang lain menawarkan langsung.

Persolaan tersebut bukan hanya sebuah rasa tidak enak pada pemberi makanan saja. Menurut penelitian baru, mendapat suguhan makanan langsung dari orang akan membuat konsumsi makanan menjadi lebih banyak ketimbang mengambil sendiri.

Penelitian yang dipublikasi oleh Journal of Marketing Research mengungkapkan jika orang akan memakan makanan tidak sehat ketika diberikan secara personal. Ketika mengambil makanan ringan melibatkan tubuh sendiri dengan berjalan, justru cenderung bisa menahan diri atau malah menolak.

Penulis penelitian Linda Hagen, Aradhna Krishna, dan Brent McFerran menyatakan dalam studi tersebut jika seseorang mesti melakukan gerakan untuk meraih makanan kurang sehat, seperti dengan berjalan ke meja makan akan mengurangi keinginan mengonsumsi makanan itu. Justru ketika orang tersebut diberi suguhan, sering kali mengambil porsi lebih banyak daripada mengambil sendiri.

"Kami menemukan jika peserta diberikan pilihan untuk mengonsumsi makanan ringan yang dianggap relatif sehat, mereka cenderung lebih besar untuk mengonsumsi makanan itu dengan kurang keterlibatan fisik yang diperlukan untuk mengambil makanan," ujar penelitian tersebut, dikutip dari Independent, Selasa (17/1).

Alasan keterlibatan fisik mengurangi jumlah porsi yang diambil dikarenakan tanggung jawab yang terbangun. Sering kali peserta lebih tenang karena melepas tanggung jawab untuk menjaga makanan, sementara tawaran orang lain untuk lebih memanjakan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement