Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Gunung Papandayan Siapkan Perkemahan Keluarga

Kamis 29 Des 2016 18:15 WIB

Red: Agus Yulianto

Kawah Gunung Papandayan

Kawah Gunung Papandayan

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Astri Indah Lestari, perusahaan pengelola objek wisata alam Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan bumi perkemahan keluarga yang aman, nyaman dan mudah diakses. Khususnya, bagi wisatawan yang ingin mengisi libur sekolah dan tahun baru.

"Bagi pengunjung yang bawa keluarga atau anak-anak bisa berkemah di Papandayan, jadi tidak perlu jauh-jauh, sekarang lokasinya dekat sekitar parkiran," kata Direktur PT Astri Indah Lestari (AIL), Tri Persada, Kamis (29/12).

Tri menuturkan, bumi perkemahan keluarga yang telah dibangun nyaman itu dapat ditempuh dengan jalan kaki berikut disediakan fasilitas toilet dan masjid. Pengunjung yang membawa anak-anak, kata dia, tidak perlu lagi berjalan kaki jauh seperti pendaki umumnya hanya untuk berkemah di kawasan hutan Pondok Saladah.

"Selama ini Papandayan memang menjadi tempat paporit para pendaki untuk mendaki, dan berkemah, nah sekarang siapa saja bisa berkemah di tempat yang telah kami sediakan," katanya.

Dia menambahkan, lokasi perkemahan keluarga tersebut terdapat tanaman bunga edelweis yang sengaja ditanam untuk dinikmati pengunjung. Sebelumnya, pengunjung Gunung Papandayan yang ingin menikmati keindahan bunga edelweis harus berjalan kaki jauh ke kawasan hutan. "Di sekitaran perkemahan juga ada tanam edelweis, kami tanam di sini agar pengunjung tidak perlu jauh-jauh berjalan kaki untuk melihat edelweis," katanya.

Tri mengatakan, Gunung Papandayan dapat menjadi pilihan utama bagi wisatawan untuk mengisi libur tahun baru atau menikmati malam pergantian tahun. Pengelola Gunung Papandayan, kata dia, sudah siap menyambut kedatangan wisatawan dengan menambah personel pengamanan juga fasilitas toliet dan tempat berteduh untuk istirahat pendaki. "Kita sudah siap menyambut pengunjung dengan menyiapkan fasilitas juga keamanannya," kata Tri.

Kawasan wisata alam Gunung Papandayan merupakan gunung aktif yang menyajikan kawah bekas letusan yang dikelilingi tebing tinggi. Kawasan tersebut merupakan jalur perlintasan bagi pendaki yang hendak menuju kawasan Hutan Mati dan lokasi kemah Pondok Saladah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA