Rabu 28 Dec 2016 15:13 WIB

Cegah Diabetes dengan Prinsip Sehat Islam

Sesi dialog kesehatan forum silaturahim majelis taklim di Demak.
Foto: Dokumen
Sesi dialog kesehatan forum silaturahim majelis taklim di Demak.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Salah satu prinsip sehat dalam Islam adalah berhenti sebelum kenyang. Hal ini ternyata menjadi cara yang efektif untuk mencegah penyakit diabetes melitus (DM) atau kencing manis. 

Demikian disampaikan dr Ricat H Malik dari RSI Sultan Agung Semarang, Jawa Tengah, dalam sesi dialog kesehatan forum silaturahim majelis taklim di Demak. "Ada sebuah hadis riwayat Abu Daud yang berbunyi, “Kita ini golongan umat yang makan karena sudah lapar dan apabila makan tidak sampai kenyang," ujar dia, dalam siaran pers, Rabu (28/12).

Anjuran itu , lanjut Ricat, sudah sesuai dengan prinsip menjaga pola makan yang baik dan jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, atau minyak. 

Hadis lain yang menurut dia sudah sesuai dengan prinsip pencegahan diabetes adalah imbauan untuk berolahraga. "Ada hadis untuk berlatih berenang.” 

Dijelaskan, hadis itu diriwayatkan oleh Thabrani yang isinya, “Segala sesuatu selain zikir kepada Allah adalah sia-sia kecuali empat perkara: berjalannya seseorang antara dua tujuan, melatih kudanya, mencumbu istrinya, dan belajar berenang,” katanya.  

Ia menambahkan, agar semakin sempurna, prinsip pencegahan diabetes juga harus dibarengi dengan kebiasaan cek gula darah secara teratur.  "Langkah ini ditempuh untuk deteksi diabetes sehingga memungkinkan segera ditangani dan meminimalisir terjadi komplikasi," ujar dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement