Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Waspada, Pria Pun Bisa Terkena Kanker Payudara

Jumat 23 Des 2016 16:39 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Andi Nur Aminah

Meski penyakit kanker payudara didominasi penderita Kaum Hawa, ada satu persen diantaranya merupakan pria.

Meski penyakit kanker payudara didominasi penderita Kaum Hawa, ada satu persen diantaranya merupakan pria.

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Kanker payudara menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang kaum hawa. Akan tetapi, kanker payudara juga bisa terjadi pada pria, meskipun penyakit ini belum banyak menjangkiti mereka.

Dokter spesialis Onkologi RSUP Fatmawati, M Yadi Permana, mengatakan, kanker payudara menjadi pembunuh nomor satu, yang di dunia ini melibatkan 15 persen penderita. Sebelumnya artis luar negeri, Angelina Jolie telah melakukan pengangkatan payudara atau masektomi, sebab melalui pengaruh genetik, ia berpotensi untuk terkena kanker payudara.

Ia melanjutkan, kasus ini juga tidak hanya terjadi pada wanita. Salah satu artis Tanah Air, Melky Goeslaw juga pernah terkena penyakit ini. Yadi mengatakan, laki-laki bisa terkena kanker payudara, meskipun saat ini presentasenya hanya kurang dari satu persen.

"Selama saya menjadi dokter onkologi dalam lima tahun, saya baru mendapatkan dua pasien. Perubahan pada payudara mereka lebih mudah dikenali, dan mereka langsung datang ke rumah sakit," kata Yadi di Jakarta, Rabu (21/12).

Mereka yang terkena penyakit tersebut bisa dipengaruhi dengan faktor hormonal dan juga berasal dari gen ibu kandungnya. Biasanya, kanker payudara pada pria terjadi di usia 50 tahun ke atas.

Menurut Yadi, penting untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Ada manfaat besar yang bisa didapatkan, bagi dunia akan menyelamatkan ribuan jiwa, dan menghemat jutaan dolar setiap tahun. Kemudian bagi keluarga, dapat menyelamatkan seorang istri, ibu dan saudara perempuan.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA