Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Biarkan Bayi Berhenti Menangis Sendiri

Kamis 15 Dec 2016 11:04 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah

Bayi menangis/ilustrasi

Bayi menangis/ilustrasi

Foto: telegraph.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Si kecil perlu belajar untuk menenangkan diri sendiri dan tidur sendiri. Bayi Anda mungkin saja bangun tengah malam meminta disusui atau minum dari botol dotnya sebelum terlelap kembali.

Hal tersebut masih wajar jika bayi Anda baru lahir atau maksimal berusia empat bulan. Jika si kecil sudah menginjak enam bulan, tangisannya di malam hari bukan selalu berarti dia ingin menyusu, namun hanya kebiasaan saja.

Berikut adalah beberapa tips mengatasi tangisan pada bayi, dilansir dari What to Expect, Kamis (15/12).

Jangan merasa bersalah jika bayi menangis

Orang tua yang membiarkan bayinya menangis bukan berarti orang tua buruk atau egois. Ingatkan diri Anda bahwa anak Anda tidak sakit, tidak akan trauma, dan tangisannya itu tak akan berlangsung lama. Bayi Anda akan belajar menenangkan dirinya sendiri.

Jangan senang bayi bangun di tengah malam

Sebagian orang tua senang anaknya bangun di tengah malam, bahkan tak jarang mereka melayani bayinya bermain. Ini kebiasaan yang salah. Jika anak bangun tengah malam, jangan diberi perhatian. Biarkan si kecil menenangkan dirinya sendiri dan tidur kembali.

Gunakan peredam suara

Jika suara tangisan bayi di kamar mengganggu Anda yang mungkin sedang melakukan pekerjaan lain, gunakan peredam suara. Anda bisa memasang iPod atau earphone ke telinga Anda. Jika Anda menggunakan monitor bayi, kecilkan volumenya. Sekali lagi, jangan merasa bersalah karena ini.


Pertimbangkan tetangga

Anda mungkin saja bisa sabar mendengarkan tangisan si kecil, namun bagaimana tetangga? Anda bisa mengurangi rasa tidak enak tersebut dengan mengambil sejumlah langkah simpatik. Pertama, biarkan tetangga mengetahui apa yang sedang terjadi, dan minta mereka supaya jangan ikut panik jika mendengar tangisan panjang dari bayi Anda.

Kedua, Anda bisa minta maaf kepada tetangga dan menjelaskan tujuan Anda sembari membawa bunga, kue, atau sebotol minuman di tangan. Ketiga, lakukan sound check. Saat tidur, pastikan jendela kamar sudah ditutup. Jika memungkinkan, gantungkan selimut di dinding ventilasi yang masih terbuka untuk lebih meredam kebisingan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA