Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Begini Cara Hindari Stress Keuangan Usai Liburan

Kamis 15 Dec 2016 09:53 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah

Liburan tapi stress memikirkan keungan, perlu dihindari dengan melakukan perencanaan yang baik

Liburan tapi stress memikirkan keungan, perlu dihindari dengan melakukan perencanaan yang baik

Foto: Mentalfloss

REPUBLIKA.CO.ID,  Liburan memang menyenangkan. Namun, kesenangan itu bisa membuat kantong kering seketika jika tidak dibarengi pengaturan anggaran keuangan yang tepat.

Konsultan manajemen keuangan Catherine Derus dari Brightwater Financial mengatakan, perencanaan adalah hal pertama yang harus dilakukan. Langkah itu bisa membuat Anda terhindar dari stres setelah liburan.

Caranya, tuliskan besaran anggaran beserta hal-hal yang akan Anda lakukan atau Anda beli selama liburan. Memetakan daftar di awal akan memudahkan pengawasan arus keluar uang dan dapat menghindarkan dari kegiatan belanja berlebihan yang bikin bocor anggaran.

Selanjutnya, tentu saja 'mematuhi' perencanaan yang Anda buat sendiri. Derus juga menganjurkan untuk tidak tergoda membeli hal-hal sepele yang tidak diperlukan dan memang tak tertulis dalam rencana.

Bagi yang akan berlibur menggunakan moda transportasi, ia menyarankan untuk membeli tiket jauh sebelum hari-H. Namun, cara penghematan paling mudah adalah pergi sesudah waktu liburan mainstream.

Misalnya, ketika semua orang berlibur akhir tahun, kita bisa memilih untuk pergi pada Januari. Dengan begitu, biaya transportasi, akomodasi, dan keseluruhan anggaran bisa ditekan besar-besaran. "Tidak hanya baik untuk dompet, tetapi suasana juga lebih lengang sehingga Anda bisa lebih menikmati waktu berlibur," kata Derus.
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA