Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Rio Motret Bagi Tips Memotret Makanan

Kamis 08 Dec 2016 16:21 WIB

Rep: MGROL 90/ Red: Indira Rezkisari

Memotret makanan.

Memotret makanan.

Foto: dok Pancious

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memotret makanan bisa dikatakan menjadi tren sekarang ini. Kini memotret makanan bukan hanya pekerjaan seorang fotografer kuliner, tetapi menjadi sebuah rutinitas wajib seseorang sebelum mencicipi makanan.
Memotret makanan pun layaknya seperti berdoa sebelum menikmati makan. Kalau Anda suka memotret makanan, berikut ada beberapa tips memotret makanan dari fotografer dengan nama kondang Rio Motret.

Tips memotret makanan yang paling utama adalah cahaya. Fotografi adalah seni dengan cahaya, jika cahaya tak ada maka takkan ada yang terlihat. Dalam memotret makanan, pastikan ruangan kita memotret memiliki pencahayaan yang cukup, entah itu dari lampu yang terang, atau sumber cahaya lainnya.

Kamera professional, kamera kantung atau kamera ponsel selalu membutuhkan keseimbangan cahaya. Sebab, cahaya samping akan membuat karakter bayangan lebih sempurna.

Tapi alangkah baiknya jika Snda menggunakan pencahayaan alami. Cobalah mencari tempat di dekat jendela atau tempat cahaya masuk secara leluasa, maka hasil akhir fotonya tentu akan jauh lebih baik daripada tempat yang remang-remang.

Tips memotret yang tidak kalah pentingnya adalah angle atau sudut yang paling bagus untuk memotret agar ukuran, bentuk dan bahan dari makanan terlihat mengundang selera. Terkadang kebanyakan orang memotret makanan dari atas karena menonjolkan tekstur dan bentuk makanan.

Cobalah ambil sudut yang berbeda. Jangan takut untuk mencoba, karena dengan mengeksplorasi sudut pandang ini, kita akan menemukan sudut mana dari sebuah makanan bisa terlihat sangat cantik atau lezat.

Tips selanjutnya adalah fokus detail objek. Jika ingin memotret sebuah cake blackforest dengan tambahan buah ceri di atasnya, itu juga bisa menjadi point of interest yang menarik. Point of interest maksudnya adalah bagian menarik perhatian orang yang melihat.

Coba untuk fokuskan ke detil dari makanan tersebut, dan kita akan melihat bagaimana makanan tersebut jadi semakin menarik untuk difoto.

Terakhir soal mengedit foto makanan. Pengeditan dibutuhkan ini untuk memperkuat warna dari sebuah foto makanan. Usahakan cara mengedit hasil foto makanan dengan komposisi objek benar-benar mendominasi frame. Proses edit akan lebih mudah jika mengambil objek foto dengan fokus yang baik.

Rio menambahkan, sebelum mengambil gambar, ada baiknya kita mempunyai gambaran seperti apa hasil jepretan kita nanti. Kalau sudah mempunyai gambaran, pastinya akan lebih mudah merealisasikannya dan menata tampilan makanan.

Tatalah tampilan makanan atau komposisi makanan, baik itu bentuk dan warna. Jika penataannya tidak rapi, maka hasil akhir fotonya juga tidak memuaskan. Oleh karena itu pastikan sebelum memotret, makanan sudah dalam komposisi terbaik, tidak amburadul, tidak ada yang tumpang tindih.









BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA