Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

7 Ide Bisnis Menggunakan Telepon Genggam

Kamis 08 Des 2016 15:40 WIB

Red: Indira Rezkisari

Menggunakan ponsel untuk berbisnis.

Menggunakan ponsel untuk berbisnis.

Foto: Pexels

REPUBLIKA.CO.ID, Kecanggihan telepon genggam atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama smartphone (telepon pintar), telah memungkinkan kita untuk melakukan segala aktivitas hanya dengan sentuhan jari. Tidak hanya demi kepentingan sosial, perkembangan ini juga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Hanya dengan bermodalkan satu smartphone, tidak sedikit yang telah mampu meraup jutaan rupiah. Bagi yang ingin mencoba, telah ada 7 macam bisnis berbeda yang dapat dimulai melalui smartphone.

Bisnis MLM (Multi Level Marketing)

Bisnis MLM tidak memerlukan modal yang besar, hanya dengan mengandalkan smartphone, Anda sudah dapat mengikuti bisnis tersebut. Program MLM ini selain bertujuan untuk memasarkan produk, juga mencari bawahan bisnis atau downline.

Anda dapat menggunakan aplikasi percakapan (messaging apps) via smartphone untuk mengundang orang menjadi downline atau membeli produk Anda. Kemudahan sistem komunikasi dan penyebaran informasi menjadi alat bantu utama dalam melancarkan bisnis MLM ini, Anda hanya perlu pintar-pintar menarik perhatian orang.

Influencer

Influencer adalah orang yang bertugas mempengaruhi banyak orang melalui akun media sosial mereka. Beberapa contoh profesi seorang influencer adalah blogger, desainer, aktris atau Youtuber. Yang diperlukan influencer hanyalah smartphone dan kreativitas.

Influncer akan dibayar lebih mahal apabila pengikut pada akun media sosial mereka lebih banyak. Jasa yang ditawarkan influencer juga beragam, ada yang menawarkan produk, atau mempromosikan barang, ada juga yang menawarkan pengenalan restoran atau kafe baru. Biasanya jasa influencer akan disesuaikan dengan keahlian mereka. Jika mereka adalah blogger makanan, biasanya hal yang dipromosikan mereka akan berhubungan dengan makanan. Jika Anda merasa mempunyai kualitas yang disukai banyak orang, anda dapat mulai menjadi influencer.

Jualan online

Siapkan produk, foto, unggah, layani dan jual. Jika ingin mulai berjualan online, Anda hanya perlu mengikuti 5 langkah ini. Bahkan dapat melewati tahap pertama jika berjualan dengan sistem dropship, di mana Anda menjual barang orang lain. Anda hanya perlu mempromosikan barang tersebut ke jaringan pertemanan.

Modal yang dibutuhkan hanyalah smartphone dan jaringan internet, dan Anda dapat memperoleh untung ratusan ribu hingga jutaan. Usahakan untuk selalu memperbaharui tampilan jualan dengan produk-produk jualan terbaru, sehingga pembeli dapat selalu ter-update.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan cermati.com /" target="_blank">Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA