Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Berburu Kuliner Paling Enak di Surabaya

Kamis 08 Dec 2016 14:40 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih

Rawon

Rawon

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Tak berlebihan rasanya jika memasukkan Surabaya ke dalam daftar destinasi untuk berburu kuliner. Surabaya memang terkenal dengan aneka wisata kulinernya yang maknyus. Makanan khas Surabaya seperti rujak cingur dan tahu campur menjadi menu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Selain kedua menu tersebut, Surabaya masih memiliki segudang wisata kuliner andalan yang tak kalah enak untuk diburu dan mungkin tidak bisa ditemukan di kota lain.

Sate Klopo
Sate klopo atau sate kelapa adalah sate yang terbuat dari potongan daging yang dibaluri dengan parutan kelapa sebelum dibakar. Daging yang digunakan untuk sate klopo ini terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Sate ini dapat ditemukan hampir disetiap sudut kota. Namun, yang paling terkenal dan melegenda adalah warung sate klopo Ondomohen Bu Asih.

Meski selalu ramai oleh pengungjung, tak perlu habis jika kehabisan, karena warung sate yang terletak di jalan Walikota Mustajab ini buka sejak pagi mulai pukul 07.30 wib hingga pukul 23.30 wib. Namun, jika hendak mampir ke warung sate ini disarankan menghindari jam makan agar tidak berdesak-desakan atau lebih buruknya harus berdiri di luar warung.  

Nasi Krawu
Pada dasarnya, nasi krawu adalah makanan khas dari Gresik namun kini sudah banyak ditemukan di hampir setiap sudut kota Surabaya. Makana khas yang disajikan dengan daun pisang ini berisikan kombinasi nasi pulen hangat dengan aneka lauk seperti semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi.

Lontong Balap
Satu lagi kuliner yang wajib diburu di Surabaya yaitu lontong balap. Lontong balap terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho dan taoge lalu disiram dengan kuah. Lontong balap yang paling populer di Surabaya adalah Lontong Balap Cak Gendut. Mulai berjualan sejak 1956, lontong balap Cak Gendut selalu menjadi incaran pemburu wisata kuliner di Surabaya. Yang membedakan lontong balap Cak Gendut dengan lontong balap lainnya adalah lentho yang tetap gurih meski telah bercampur kuah.

Rawon Setan
Rawon adalah makanan khas Jawa Timur semacam soto. Berbeda dengan soto yang berkuah bening, rawon memiliki ciri khas kuah berwarna hitam pekat . Nah, jika berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan untuk mencicipi Rawon Setan Mbak Endang yang berlokasi di Jalan Jl. Embong Malang, Surabaya. Rawon Setan Mbak Endang ini terkenal dengan rasa kuahnya yang mantap dan potongan daginnya berukuran besar namun tetap empuk ketika digigit.

Supaya jalan-jalan kamu di Surabaya semakin seru, jangan lupa memesan hotel terlebih dahulu. Cara memesan hotel kini cukup mudah, hanya dengan melalui aplikasi Android atau Apple Store seperti  Hotel Airy Rooms. Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com.

Atau untuk layanan konsumen bisa menghubungi 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp). Untuk pembayarannya pun sangat mudah, bisa melalui transfer rekening antar bank, atau pun kartu kredit.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA