Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Ini Alasan Mencuci Tangan Perlu 40 Detik

Ahad 27 Nov 2016 12:58 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri

Mencuci tangan

Mencuci tangan

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WHO menyarankan untuk mencuci tangan 40 hingga 60 detik sebagai waktu ideal. Namun, banyak yang menganggap waktu tersebut terlalu lama untuk sekadar membersihkan tangan dari kotoran.

Padahal mencuci tangan bukan hanya sekadar menghilangkan kotoran dari tangan saja. Membilas tangan menggunakan air mengalir dengan sabun untuk membunuh kuman yang bersarang. "40 sampai 60 detik ini membuat koloni kuman sangat sedikit, ini mendekati nol," kata Dokter RS Pondok Indah, Felix Samuel.

Dengan rentang waktu itu, Felix menjelaskan, jika sudah dapat membunuh kuman-kuman yang ada. Namun, bukan berarti kuman hilang seluruhnya karena tidak mungkin sampai nol. Dengan durasi rekomendasi itu membuat proses buih atau busa dan proses menggosok setiap sisi tangan dapat menekan jumlah kuman pada batas aman. "Sebenarnya yang terpenting seluruh bagian tangan terkena, kalau sebentar enggak paling hanya bagian telapak saja yang digosok," kata Felix.

Enam gerakan yang melibatkan telapak, punggung tangan, sela-sela jari, jempol, hingga ujung jari ini akan membuat seluruh tangan tersapu bersih. Untuk memudahkan, Felix menyarankan setiap gerakan mendapatkan hitungan empat kali.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA