Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Empat Tips Agar Tidur Berkualitas

Jumat 18 Nov 2016 15:28 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah

Tidur berkualitas

Tidur berkualitas

Foto: ABC News

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak 'ritual' yang harus dilakukan agar tidur dapat berkualitas. Sebab tidur berkualitas dapat memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh.

Dokter Spesialis Saraf dan Neurologi Rumah Sakit Umum Dr. Sardjito, dr. Astuti Sp S (K) berbicara di Exclusive Media Interview Mengenai Insomnia yang digelar Sanofi Indonesia, Jumat (18/11), membagi tipsnya. Berikut ritual yang harus dilakukan agar tidur berkualitas.

Siapkan Tubuh

Sebelum tidur tubuh tidak boleh terlalu lelah. Untuk itu perlu jeda waktu minimal empat jam antara olah raga dan tidur.

"Jadi kalau ada yang bilang habis olah raga langsung tidur bisa nyenyak tidurnya itu salah, tidur justru bisa gelisah karena terlalu lelah," kata Astuti.

Kemudian Astuti menambahkan, tak ada salahnya melakukan pijat atau mandi dengan aroma terapi untuk membuat tubuh lebih santai. Jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman dan longgar.

Siapkan Pikiran

Orang yang sulit tidur sering kali tanpa sadar mendoktrin pikiran mereka bahwa mereka sulit untuk tidur. Padahal tidak boleh seperti itu, pikiran harus dijauhkan dari hal-hal negatif.

Selain itu jangan paksakan diri untuk tidur. Jika tak bisa tidur coba persiapkan tubuh dengan baik, baru kemudian coba untuk tidur setelah tubuh lebih santai.

Naik ke tempat tidur hanya jika sudah mengantuk. Jangan naik ke tempat tidur cuma sekadar menghilangkan lelah. "Makin kita memaksa diri untuk tidur biasanya akan semakin susah," kata Astuti.

Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman Sebelum Tidur

Hindari makanan yang sulit dicerna tubuh seperti junk food. Lebih baik pilihlah buah atau sayuran yang tak merangsang lambung.

Kemudian hindari minuman beralkohol atau berkafein sebab umumnya bersifat stimulan. Alkohol, kopi, teh dan cokelat kurang baik di konsumsi sebelum tidur.

Kondisikan Kamar dengan Baik

Ingat gunakan kamar hanya untuk tidur dan beristirahat. Jangan ada aktivitas seperti kerja atau nonton televisi di kamar.

Sebaiknya tak banyak barang di kamar untuk mendukung suasana kamar untuk tidur berkualitas. Selain itu dapat pula mendengarkan musik lembut untuk menemani tidur. Tak lupa hentikan aktivitas dengan telepon selular menjelang tidur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA