Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Menyambut Kucing Baru di Rumah

Jumat 18 Nov 2016 05:35 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Kucing

Kucing

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seekor kucing datang ke rumah. Bagi Anda yang sudah terlanjur mempunyai hewan peliharaan lain pastinya pernah mengalami hal traumatis ketika membawa peliharaan baru ke rumah. Demikian juga anggota keluarga baru yang antusias menyambutnya.

Berikut cara mempersiapkan peliharaan baru di rumah, dilansir dari Womanitely.

Seminggu pertama
Anda perlu berhati-hati jangan sampai anak-anak atau teman-teman Anda terlalu bersemangat sehingga mengejutkan kucing si pendatang baru. Tak perlu heran jika kucing baru Anda masih berperilaku aneh. Dia masih belajar mengenal teritorialnya di rumah untuk menyesuaikan diri dengan perubahan.

Si Kitty perlu diberi waktu satu atau dua hari untuk beradaptasi. Malam-malam pertama dia biasanya akan sering ketakutan, terlihat dari tatapan matanya. Buatlah diri Anda selalu hadir untuknya, menawarkan kasih sayang.

Jika Anda mengadopsi kucing yang semi jinak, Anda perlu lebih sabar. Anda perlu berada di sisinya saat dia makan untuk menegaskan bahwa Anda ada untuk melindunginya.

Jika Anda membeli anak kucing baru, dari teman, peternak, atau pet shop, Anda harus menjadwalkan janji dengan dokter hewan. Anda perlu mengetahui kondisi medisnya secara menyeluruh.

Sepekan kemudian
Kucing baru biasanya membutuhkan waktu hinga dua pekan untuk terbiasa dengan lingkungan baru. Beberapa ekor kucing mungkin bisa lebih cepat, tergantung pada usaha Anda mengakrabkan diri.

Anda perlu teratur memeriksakan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan dan mengembangkan jadwal makan konsisten setiap harinya. Beberapa kucing mungkin masih ketakutan saat Anda bawa berjumpa dengan seluruh anggota keluarga di ruangan lain. Anda bisa melihat apakah mereka siap, misalnya tidak lagi bersembunyi di balik kaki Anda.

Persiapan lainnya
Salah satu tempat terbaik untuk kucing adalah ruangan tak terpakai dan menghindari ruangan seperti dapur dan ruang tamu dimana banyak orang berkumpul dan bising. Beberapa hari pertama mereka biasanya akan menghindari banyak suara.

Anda juga perlu berhati-hati dengan keberadaan beberapa tanaman yang berpotensi beracun bagi kucing. Jenis-jenisnya antara lain lidah buaya, lili, asparagus, dan begonia. Kucing Anda dikhawatirkan tergoda mengunyah daun-daun tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA