Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

4 Disiplin Sukses Keuangan

Selasa 01 Nov 2016 11:10 WIB

Red: Indira Rezkisari

Mengelola keuangan

Mengelola keuangan

Foto: pixabay

Menabung minimal 10 persen dari penghasilan

Ini adalah sebuah upaya dan ikhtiar untuk ‘mengunci’ masa depan.  Masa depan adalah misteri, seperti juga kehidupan adalah sebuah misteri.  Karena hidup kita sesungguhnya bukan hanya untuk hari ini saja, maka konsep ‘menabung’ bisa kita detailkan menjadi Simpanan (jangka pendek), Menabung (jangka menengah) dan Investasi (jangka panjang).
 
Banyak dari pengusaha kita hari ini terjebak dengan konsep BODOL (Berani Optimis Duit Orang Lain), BOTOL (Berani Optimis Tenaga Orang Lain), BOBOL (Berani Optimis Bisnis Orang Lain), BOWOL (Berani Optimis Waktu Orang Lain) dan BOOL (Berani Optimis Otak Orang Lain). Karena intinya, ini merupakan cara kita berbagi resiko dengan orang lain.

Tidak salah memang jika kita menggunakan duit, tenaga, bisnis, waktu dan otak orang lain, tetapi jika kita punya uangnya sendiri, kita akan merasakan sebuah pertanggungjawaban terhadap uang yang kita gunakan, alangkah indahnya. Apalagi uang tersebut sudah berbulan-bulan kita tabung dan memang akan kita niatkan untuk ‘mengunci’ masa depan kita

Gunakan waktu kita di saat produktif, sebelum muncul masa dimana produktivitas kita menurun diakibatkan fisik kita yang sudah melemah dikarenakan sudah tua. Jadi, mari kita siapkan uangnya terlebih dahulu, begitu peluang bagus itu muncul atau kita munculkan, kita sudah punya uang untuk membiayainya.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA