Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

4 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur

Senin 10 Oct 2016 07:00 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah

Gangguan tidur

Gangguan tidur

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda termasuk orang yang susah tidur? Mungkin sebaiknya Anda mencoba mempraktikkan beberapa cara tak lazim ini agar kualitas tidur Anda baik dan merasa lebih segar ketika bangun di pagi hari.


Letakkan tanaman ini di kamar Anda

Meletakkan tanaman lidah buaya di dalam kamar mungkin bisa membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas. Lidah buaya atau Aloe vera menghasilkan oksigen di malam hari yang bisa membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Selain lidah buaya, tanaman English Ivy juga bagus untuk membersihkan udara di dalam kamar Anda.


Gunakan kaus kaki

Jika Anda salah satu orang yang sering mondar mandir ke kamar mandi pada malam hari untuk pipis, sebaiknya Anda mencoba mengenakan kaos kaki agar tidur mala, Anda tidak terganggu. Memakai kaos kaki saat tidur dapat membuat kaki hangat dan melebarkan pembuluh darah. Menurut penelitian, semakin hangat tangan dan kaki maka semakin cepat Anda akan tertidur. Selain itu, otak Anda juga akan tersugesti bahwa ini adalah waktunya untuk tidur.


Hindari tidur siang

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur siang, lakukanlah dengan segera dan dalam waktu jangka pendek. Sebab, tidur siang yang lama dapat membuat Anda lebih susah tidur di malam hari. Meskipun memiliki sejumlah manfaat di antaranya meningkatkan produktivitas, tidur siang disarankan untuk dilewatkan bagi Anda yang menderita insomnia atau gangguan tidur.


Gunakan aromaterapi

Semprotkan minyak esensial seperti wangi melati dan levender pada bantal Anda. Atau bisa juga memilih kombinasi wangi-wangian yang bisa meringankan stres dan membantu agar lebih santai. Minyak esensial yang yang terkenal mampu meningkatkan kualitas tidur yaitu cendana dan chamomile.




BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA