Rabu 14 Sep 2016 21:23 WIB

Gizi Seimbang Penting Bagi Ibu Hamil

Hindari berlebih-lebihan saat berbuka, makan secukupnya dan bergizi seimbang lebih baik dan menyehatkan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Hindari berlebih-lebihan saat berbuka, makan secukupnya dan bergizi seimbang lebih baik dan menyehatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKPAKAM, SUMUT -- Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor Prof Rizal Damanik mengatakan, gizi seimbang sangat penting bagi ibu hamil. Hal itu juga sangat menentukan terhadap kesehatan bayi yang akan dilahirkan.

"Artinya, asupan bagi seorang ibu hamil harus memperhatikan asupan gizinya," katanya di Lubukpakam, Rabu, saat menyampaikan kuliah umum di Politeknik Kesehatan Lubukpakam dengan materi "Potensi Tradisi dan Kearifan Lokal bagi kesehatan ibu dan anak", Rabu (14/9).

Ia mengatakan, pemenuhan gizi terhadap ibu hamil terutama gizi seimbang memang sangat penting karena jika sampai mengalami kurang gizi akan sangat berdampak pada bayi yang dikandung nantinya.

"Misalnya bayi yang dilahirkan nantinya kondisinya kurang sempurna. Untuk mendapatkan gizi yang dari makanan tidak susah, apalagi Indonesia kaya akan tanaman tumbuhan yang mengandung gizi tinggi," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa keragaman hayati yang dimiliki bumi Indonesia sangat besar bahkan untuk dunia menempati peringkat nomor dua setelah Brazil.

Potensi keragaman hayati tersebut harus benar-benar mampu dikembangkan sehingga manfaatnya dapat dirasakan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Kalau potensi itu diolah secara maksimal, maka akan sangat berdampak pada bangsa ini. Rakyatnya akan semakin sejahtera karena kekayaan alamnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement