Kamis 18 Aug 2016 08:43 WIB

Banyak Anak-anak tak Penuhi Kriteria Jantung Sehat

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Anak perlu aktif bergerak demi kesehatan jantungnya.
Foto: flickr
Anak perlu aktif bergerak demi kesehatan jantungnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Umumnya, bayi dilahirkan dengan kondisi jantung yang sehat. Kondisi jantung perlu terus diperhatikan selama masa kanak-kanak agar tetap sehat di kemudian hari. Yang mengkhawatirkan, banyak anak-anak yang justru tidak memenuhi standar kesehatan jantung.

Kondisi tersebut ditemukan oleh American Hearth Association (AHA) pada anak-anak di Amerika. Berdasarkan temuan AHA yang dimuat pada jurnal Circulation, banyak anak-anak Amerika yang tidak  memenuhi tujuh standar dasar kesehatan jantung akibat gaya hidup dan pola makan.

AHA mengungkapkan tujuh standar dasar ini di antaranya ialah massa indeks tubuh, aktivitas fisik yang mencukupi dan tidak merokok. Selain itu, tujuh standar dasar ini juga meliputi kadar kolesterol sehat  yang terjaga, serta kadar gula darah dan tekanan darah.

"Penyebab utama kesehatan kardiovaskular anak menurun ialah pola makan dan aktivitas fisik," tegas direktur kardiologi pediatri dari University of Minnesota, Minneapolis, Dr Julia Steinberger seperti dilansir Reuters.

Terkait pola makan yang tidak sehat, Steinberger mengatakan 91 persen anak-anak di Amerika menjalani pola makan yang tidak baik. Pola makan ini, lanjut Steinberger, didominasi oleh makanan dan minuman yang bergula.

Aktivitas fisik pun tercatat sangat rendah. Hanya setengah dari anak laki-laki dan sepertiga dari anak  perempuan berusia enam hingga sebelas tahun yang melakukan aktivitas fisik sesuai standar minimal yaitu 60 menit per hari. Semakin besar usia anak, yaitu antara 16-19 tahun, semakin sedikit anak yang memenuhi rekomendasi minimal aktivitas fisik tersebut.

"Temuan ini sejujurnya mengejutkan bahkan bagi mereka yang melakukan penelitian di area ini, meski kami memiliki gambaran bahwa gaya hidup yang diterapkan memang buruk," tambah Steinberger.

Hal lain yang menjadi perhatian Steinberger terkait kesehatan jantung anak ialah perilaku merokok. Diperkirakan bahwa satu per tiga dari anak-anak remaja di Amerika setidaknya pernah mencoba rokok di mana anak laki-laki lebih banyak dibandingkan anak perempuan.

Agar kesehatan jantung anak terjaga, ada tujuh hal yang perlu dilakukan. Dua diantaranya ialah anak tidak boleh merokok meskipun hanya sekedar mencoba dan massa indeks tubuh anak harus di bawah persentil 85. Hal lain yang perlu dilakukan demi kesehatan jantung anak ialah melakukan aktivitas fisik sedang setidaknya selama 60 menit per hari.

Yang tak kalah penting, anak-anak juga perlu menerapkan pola makan sehat. Kolesterol total anak pun harus lebih rendah dari 170 miligram per desiliter (mg/dL). Di samping itu, tekanan darah anak-anak juga perlu terjaga di bawah persentil 90 dan kadar gula darah saat puasa di bawah 100 mg/dL.

"Sangat sulit untuk mencapai ini jika Anda hanya menargetkan anak-anak. Ini harus menjadi komitmen

dari seluruh keluarga," pesan Steingerber.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement