Kamis 11 Aug 2016 17:58 WIB

Berapa Lama Waktu Tidur yang Tepat untuk Anda?

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Waktu tidur yang cukup berpengaruh pada kesehatan mental anak.
Foto: pixabay
Waktu tidur yang cukup berpengaruh pada kesehatan mental anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidur menjadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan beberapa organ tubuh yang bekerja seharian. Waktu tidur pun harus diperhatikan demi kesehatan tubuh manusia. Bayi, remaja dan orang dewasa memiliki waktu istirahat yang berbeda-beda.

Untuk orang dewasa sendiri, waktu yang dibutuhkan untuk istirahat setidaknya delapan jam setiap malam. Beberapa orang akan merasa sulit beraktifitas secara efektif jika waktu tidurnya tidak sesuai yang dianjurkan.

Namun, beberapa ahli yakin bahwa tidak perlu delapan jam tidur setiap malam. Beberapa mengklaim bahwa tidur empat jam saja sudah cukup. Hal ini menjadi topik perdebatan dari sejumlah peneliti.

    

Dilansir Boldsky, berikut pembahasan tentang waktu tidur yang tepat. Setiap orang harus menyadari berapa banyak waktu yang mereka butuhkan untuk beristirahat. Biasanya, dibutuhkan 15 atau 20 menit bagi seseorang untuk terlelap.

Jika seseorang bangun sebelum alarm berbunyi, itu berarti kondisi tubuh mengatakan bahwa ia sudah mendapatkan jumlah tidur yang diperlukan. Sedangkan beberapa orang yang kembali menjalani tidur ketika mendengar alarm memiliki waktu tidur yang tidak cukup.

Cobalah untuk menyadari bagaimana perasaan diri sendiri pada siang hari. Untuk yang merasa mengantuk sepanjang waktu dapat dikatakan memiliki waktu tidur yang tidak tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement