Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Waspada! Alkohol Jadi Penyebab Langsung Tujuh Jenis Kanker

Ahad 24 Jul 2016 07:10 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Winda Destiana Putri

Minuman Beralkohol (Ilustrasi)

Minuman Beralkohol (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DUNEDIN -- Penelitian terbaru semakin membuktikan hubungan erat alkohol dengan kanker. Pasalnya, alkohol menjadi penyebab langsung berkembangnya kanker payudara, usus, hati dan jenis-jenis kanker lain.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Addcition, menyimpulkan ada lebih dari sekedar hubungan statistik yang muncul antara alkohol dan kanker. Saat ini, sudah ditemukan bukti kredibel yang membuktikan kalau meminum alkohol, bisa menjadi penyebab langsung dari kanker.

"Bahkan, tanpa pengetahuan lengkap tentang mekanisme biologis, bukti epidomiologi dapat mendukung penilaian kalau alkohol menyebabkan kanker orofaring, laring, esofagus, hati, usus besar, rektum dan payudara," kata Jennie Connor, seperti dilansir dari Guardian, Ahad (24/7).

Connor merupakan peneliti dari Departemen Kedokteran Pencegahan dan Penyembuhan Sosial, Universitas Otago di Selandia Baru. Kesimpulan didapatkan setelah mempelajari ulasan 10 tahun terakhir, dari World Cancer Research Fund, International Agency for Researchm World Health Organisations dan badan-badan lain.

Selain itu, ada bukti kuat kalau alkohol bisa menyebabkan kanker, lebih dari tujuh lokasi di tubuh manusia yang meminumnya, terlebih mereka menjadi pecandu. Karenanya, para ahli kesehatan meminta perluasan kampanye untuk mengatasi ketidaktahuan masyarakat luas, tentang hubungan erat alkohol dan kanker.

Hal ini mencetuskan lagi seruan bagi peminum alkohol, agar segera berhenti dan memberi label peringatan di setiap kemasan minuman beralkohol. Penelitian, lanjut Connor, semakin memberikan banyak bukti kalau alkohol cenderung menyerang kulit, prostat dan pankreas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA