Ahad 24 Jul 2016 00:02 WIB

5 Jenis Bau Mulut dan Maknanya Bagi Kesehatan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
ilustrasi Bau mulut
Foto: Republika/ Musiron
ilustrasi Bau mulut

REPUBLIKA.CO.ID, Menyikat gigi hingga berkumur dengan obat kumur secara rutin merupakan cara ampuh untuk menjaga kesegaran mulut. Sayangnya, beberapa orang tetap mengalami bau mulut meski telah menjaga kebersihan gigi dan mulut secara rutin.

Dokter gigi, ahli bakteri sekaligus pendiri California Breath Clinics, Harold Katz,DDS, mengatakan penyebab utama bau mulut ialah kondisi mulut yang kering. Oleh karena itu, merupakan hal normal jika seseorang mengalami bau mulut sesaat setelah bangun tidur. Penggunaan beberapa jenis obat juga dapat memicu mulut kering yang berujung pada bau mulut.

Bau mulut sebenarnya bisa jadi 'sinyal' bahwa ada yang salah dalam tubuh ketika bau mulut tetap 'tinggal' meski pun seseorang telah menjauhi pemicu-pemicu normal bau mulut. Untuk lebih memahami sinyal tersebut, berikut ini ialah lima makna di balik bau mulut terkait dengan kesehatan seperti dilansir Prevention.

Bau Mulut Seperti Kapur Barus

Aroma bau mulut yang menyerupai kapur barus dapat menjadi pertanda jika Anda mungkin memiliki alergi, kondisi post nasal drip yang tak lain ialah akumulasi lendir berlebih di belakang hidung dan tenggorokan, atau pun infeksi sinus.

Ketika Anda mengalami masalah sinus kronis, bakteri di dalam mulut dapat mengubah protein pada lendir menjadi senyawa bernama skatole. Jika bau mulut dipicu oleh alergi, obat alergi dapat segera mengatasi bau mulut. Jika disebabkan oleh post nasal drip, bau mulut dapat diatasi oleh pembersihan sinus dengan neti pot. Jika bau mulut dipicu oleh adanya infeksi bakteri, antibiotik dapat menjadi solusinya.

Bau Mulut Seperti Buah-Buahan

Jika bau mulut Anda menyerupai buah-buahan, ada kemungkinan Anda menderita diabetes. Gula dalam aliran darah normalnya akan menuju sel untuk diubah menjadi energi. Jika hal tersebut tidak terjadi, gula dalam darah akan meningkat dan sel akan mulai membakar lemak untuk menghasilkan energi. Hasil dari pembakaran lemak yang dikenal dengan nama ketone ini yang menjadi penyebab bau mulut seperti buah-buahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement