Jumat 15 Jul 2016 02:46 WIB

93 Persen Kandungan Asap Rokok Beracun

Rep: MGROL73/ Red: Winda Destiana Putri
Asap rokok
Foto: flickr
Asap rokok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang melakukan studi untuk mengetahui bahan kimia yang ada pada tembakau ataupun asap rokok. Namun, banyak dari mereka yang tidak familiar dengan kandungan-kandungan tersebut kecuali nikotin.

Berdasarkan survei yang dilakukan melalui telepon, dilansir Foxnews Kamis (14/7), lebih dari sebagian responden mengatakan mengetahui kandungan yang ada pada rokok melalui bungkus rokok, sisanya mengaku mengakses internet untuk mengetahuinya.

Dr Kurt M. Ribisl dari Lineberger of Comprehensive Cancer Center di Universitas Carolina Utara, mengatakan dari 7000 kandungan yang ada pada rokok, 93 persen mengandung racun. Contohya arsenik yang merusak jantung, dan formaldehide yang mampu menyebabkan kanker tenggorokan.

Dari hasil survei yang dilakukan tim Ribisl, para responden hanya mampu menjawab kandungan yang tercantum pada bungkus rokok, dan tak banyak tahu tentang ribuan kandungan lain.

Dr Ribisl mengaku yakin pengguna akan terkejut dan takut mengonsumsi rokok jika sudah diinformasikan kandungan yang ada didalamnya.

Ia juga memberi catatan agar para perusahaan rokok diwajibkan mencantumkan bahan-bahan yang terkandung didalamnya untuk merubah kebiasaan buruk para perokok agar tidak merokok kembali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement