Senin 11 Jul 2016 10:08 WIB

Awas, 6 Kombinasi Makanan dan Obat Ini Berbahaya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Jeruk limau
Foto: Allripe
Jeruk limau

REPUBLIKA.CO.ID,  Ketika tubuh dalam kondisi kurang prima, konsumsi obat dan makanan yang bergizi dapat memulihkan tubuh lebih baik. Sayangnya, tak semua obat dan makanan sehat yang dikonsumsi bersamaan dapat memberikan hasil yang baik.

Sebaliknya, kombinasi makanan dan obat yang salah justru dapat membahayakan kesehatan. Agar terhindar dari bahaya kombinasi makanan dan obat tersebut, ada baiknya Anda mewaspadai enam kombinasi makanan dan obat yang membahayakan kesehatan ini seperti dilansir Men's Health.

Limau dan obat batuk

Beberapa jenis jeruk seperti limau, jeruk bali dan seville orange dapat menghalau enzim yang berfungsi mengurai obat penurun kolesterol statin serta beberapa obat-obatan lain. Seperti obat pereda batuk dextromethorphan. Apoteker dari Marshfield Clinic, Mary Ellen Gullickso, Pharm, mengatakan jika enzim pengurai terhalau maka penumpukan obat-obat tersebut di pembuluh darah dapat meningkatkan risiko efek samping.

Gullickso mengatakan efek samping yang mungkin timbul dari konsumsi obat batuk serta jeruk limau, jeruk bali atau pun jeruk seville orange ialah halusinasi dan kantuk. Sedangkan efek samping yang mungkin timbul dari konsumsi obat statin serta salah satu dari ketiga jenis jeruk tersebut ialah kerusakan otot yang parah.

Oleh karena itu, Gullickso menyarankan agar menghindari berbagai bentuk konsumsi jeruk hingga jus jeruk ketika mengonsumsi obat batuk atau pun obat statin. Pasalnya, efek dari jeruk-jeruk tersebut dalam menghalau enzim pengurai obat statin dan obat batuk dapat bertahan selama satu hari atau pun lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement