Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Kesulitan Menambah Berat Badan? Ini Alasannya

Senin 11 Jul 2016 08:21 WIB

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah

Mengonsumsi berbagai makanan

Mengonsumsi berbagai makanan

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak sedikit orang yang kesulitan untuk menambah berat badan. Mereka seperti sudah ditakdirkan untuk memiliki berat badan minim walaupun sudah mengonsumsi banyak makanan. Tidak jarang rekan-rekannya merasa iri dengan mereka yang dapat dengan bebas makan tanpa mempertimbangkan kadar lemak yang dikonsumsi.

Namun, hal ini juga dapat menjadi sebuah kutukan pada sebagian orang yang merasakannya. Mereka merasa seolah-olah makanan yang mereka konsumsi sia-sia karena tidak memberikan perubahan pada berat badan.

Di sisi lain, ternyata ilmuwan mengatakan bahwa mitos tentang kesulitan menambah berat badan ini adalah salah. Ternyata ada beberapa faktor yang memengaruhi seseorang tidak bisa menambah berat badan. Lalu, apa sajakah faktor tersebut?
Dilansir Boldsky, berikut faktor-faktor yang dapat memengaruhi seseorang sehingga kesulitan menambah berat badan.
   

Tidak makan berlebihan

Orang kurus sering berpikir bahwa mereka makan terlalu banyak (dalam porsi yang banyak) padahal kenyataannya tidak. Nafsu makan mereka tidak cukup untuk mendukung pertambahan berat badan dan pertumbuhan otot. Sehingga jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh harus sangat diperhatikan untuk pertumbuhan yang sehat. Jika seseorang tidak mengonsumsi kalori yang cukup, maka ia akan semakin sulit untuk menambah berat badan.

Jarang melakukan latihan

Untuk seseorang yang ingin menambah berat badan, maka ia perlu melakukan perubahan dengan melakukan latihan. Jika kurang melakukan latihan tubuh seperti olahraga, maka akan sulit untuk menambah berat badan.

Kurang tidur atau jam istirahat

Hormon pertumbuhan manusia berperan dalam membentuk pertumbuhan dalam tubuh manusia. Ini terutama terjadi ketika tubuh dalam keadaan sedang tidur. Jadi, cara utama untuk menambah berat badan adalah dengan memanfaatkan jam istirahat sebaik mungkin. Tujuannya agar tubuh dapat memproduksi lebih dari kortisol, yang membantu membentuk jaringan otot.
    

Terlalu sering latihan
    
Terlalu sering melakukan latihan cardio dapat membakar lemak dalam tubuh tanpa disadari. Orang dengan tubuh kurus akan mengalami pembakaran metabolisme yang lebih cepat. Sehingga mereka akan kesulitan untuk menambah berat badan. Maka, disarankan untuk melakukan latihan dengan secukupnya.


Kondisi medis
    
Jika kebiasaan makan dan latihan masih dalam taraf yang standar tetapi tetap kesulitan menambah berat badan, mungkin akibat dari masalah medis. Masalah medis seperti endokrin atau gangguan pencernaan dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Jadi, dengan konsultasi kepada dokter adalah hal terbaik untuk mengetahui tentang kondisi dalam tubuh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA